Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Yang Harus Dihindari Dalam Percakapan

Written By Unknown on Sunday, April 29, 2012 | 4/29/2012 01:08:00 AM


Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang dan begitu tertarik dengan respon-respon yang disampaikannya, atau kebalikannya, Anda merasa jenuh dengan semua respon yang diucapkannya. . ?? Menurut Kevin Hogan dan Mary Lee Labay dalam bukunya yang berjudul Irresistible Attraction ada delapan hal yang harus dihindari dalam percakapan, jika kita ingin percakapan kita menjadi menarik. Kedelapan hal itu adalah :
1. Penentang Argumentatif

Suatu hari dalam sebuah percakapan, ”Wah, kelihatannya hari ini cerah ya?”. Kemudian di respon oleh rekannya, ”Ah tidak, menurut saya hari ini agak mendung”. ”Oh agak mendung ya, mungkin sebentar lagi akan turun hujan”. Kemudian di respon lagi, ”Menurut saya tidak akan hujan, hari ini saya membaca prakiraan cuaca dari BMG”. ”Oh, begitu ya, pasti Anda sering mencermati prakiraan cuaca dari BMG ya?”. Lalu di respon, ”Ah tidak juga, sesekali saja saya mendengarnya”. Bagaimana dengan percakapan tersebut? Respon argumentatif memang baik, melatih kemampuan berpikir kita, namun jika respon argumentatif itu diberikan dalam bentuk penentangan yang bertubi-tubi seperti contoh diatas, akan membuat percakapan kita menjadi tidak menyenangkan.

2. Selalu Membuat Perbandingan


Dalam sebuah percakapan, seseorang berkata pada temannya, ”Hari ini saya berhasil melewati ujian dengan baik”. Kemudian dijawab oleh temannya, ”Iya itu belum seberapa, saya pernah melewati ujian yang lebih berat dari yang kamu lewati sekarang, dulu saya benar-benar melewatinya dengan baik, walaupun saya merasakan penderitaan saat itu. Yang kamu rasakan saat ini belumlah sebanding dengan apa yang saya rasakan dulu, sangat sulit sekali”.

Apa yang dirasakannya sekarang adalah rasa malas untuk melanjutkan percakapan berikutnya. Seseorang yang sedang ingin bercerita tidak ingin mendengarkan cerita orang lain, tapi ia ingin ceritanya didengarkan oleh orang lain. Akan lebih baik jika kita mengeksplorasi cerita orang itu daripada malah membuat sebuah cerita baru dan membanding-bandingkannya.

3. Merasa Superior

”Saya dengar di kota ini akan berdiri sebuah supermarket baru ya?”. Kemudian temannya menjawab, ”Ah, aku sudah mengetahuinya sejak setengah tahun yang lalu”. ”Oh begitu ya, saya pikir saya termasuk yang paling dahulu mengetahuinya”. Lalu temannya menyahut, ”Ah, kalau informasi seperti itu, aku tidak pernah melewatinya, bahkan pendirian rumah sakit baru di kota ini tahun depan aku juga sudah mengetahuinya kemarin”.

Bagaimana jika, tadi temannya menyahut, ”Wah, itu informasi yang menarik, bagaimana cerita selengkapnya?”. Mungkin orang yang mendengar akan lebih merasa tertarik untuk melanjutkan percakapan dengannya.
 
4. Mengumbar Beban Masalah Pribadi

Saat kita membicarakan permasalahan pribadi kepada orang lain, secara tidak langsung akan mempengaruhi psikologis orang yang kita ajak bicara. Kecuali jika ia seorang terapis yang bermaksud menolong kita keluar dari masalah. Namun, jika ia bukan seorang terapis, apakah secara psikologis ia selalu siap dengan setumpuk beban masalah pribadi kita. Lebih parah lagi jika itu dilakukan secara berulang-ulang dalam pokok bahasan yang sama. Kebosanan dan rasa jenuh akan menghinggapinya saat mendengarkan beban masalah pribadi yang belum tentu ia saat itu siap untuk mendengarkannya.

5. Menilai Negatif

Suatu hari dalam suatu kantor, seorang karyawan berujar, ”Kelihatannya John sedang dalam kondisi yang sulit saat ini”. Kemudian karyawan lain yang diajak bicara menyahut, ”Ia memang tidak mampu mengendalikan emosinya, hal ini membuat seluruh pekerjaannya jadi buruk, semua tugas-tugasnya tidak dijalankan dengan baik, saya lelah menghadapinya”. Bagaimana jika Anda mendapat respon seperti ini dalam pembicaraan Anda ? Coba kita bandingkan dengan respon berikut ini; ”Saya banyak belajar dari ia, dari permasalahan- permasalahan yang dihadapinya, kelihatannya saat ini ia memang sedang dalam kondisi sulit, mungkin juga ia membutuhkan bantuan kita saat ini”. Bandingkan bedanya saat Anda mendengarkan kedua respon itu, dan pastikan mana yang terbaik menurut Anda. Opini-opini negatif yang berbentuk judgement tidak akan menarik untuk kita dengar dan opini negatif itu dapat menggambarkan seperti apa karakter orang yang menyampaikannya.

6. Suka Menginterupsi

Bagaimana perasaan Anda jika saat berbicara sering diinterupsi oleh orang lain ? Jika ada seseorang menginterupsi kita saat berbicara, kemungkinan yang muncul adalah kita merasa pembicaraan kita tidak dianggap penting, atau merasa diremehkan, atau merasa ia tidak tertarik dengan pembicaraan kita. Begitupun saat kita sering menginterupsi orang yang kita ajak bicara, secara signifikan kita akan menjadi komunikator yang tidak menarik. Ada baiknya jika kita mencoba cara ini, biarkanlah ia mengambil nafas sejenak setelah ia menyelesaikan pembicaraannya sebelum kita mengutarakan kalimat untuk menanggapinya.

7. Penuh Keluhan

Keluhan biasanya merupakan kumpulan kalimat negatif yang sangat mungkin akan mempengaruhi perasaan orang-orang yang mendengarnya. Mendengarkan keluhan membuat orang menjadi terbebani, terlebih lagi jika keluhan yang sama terus diulang dan dibicarakan. Selain itu membicarakan keluhan juga akan menggambarkan betapa lemahnya seseorang dalam menghadapi permasalahannya, sehingga alangkah lebih baik jika yang kita sampaikan dalam pembicaraan kita adalah kalimat-kalimat yang baik dan membuat diri kita termotivasi dan lebih bagus lagi dapat membuat orang lain yang berbicara dengan kita juga ikut termotivasi.

8. Penyebar Gosip

Mungkin Anda pernah mendengar rekan Anda yang membicarakan keburukan orang lain pada Anda. Apa yang ada didalam pikiran Anda saat itu ? Kebanyakan dari kita akan berpikir, apakah ia akan berbicara seperti ini pada orang lain juga, atau jangan-jangan keburukan yang dibicarakannya dengan orang lain itu adalah tentang kita. Kebanyakan dari kita akan memandang buruk terhadap orang ini. Penilaian yang mungkin muncul terhadap orang-orang yang senang membicarakan keburukan orang lain adalah orang itu tidak percaya diri, culas, dan berpikiran sempit. Jadi mungkin adalah hal yang baik jika Anda mempertimbangkam kembali jika ingin mengambil tema-tema gosip dalam pembicaraan Anda.

Freddy Hypno


=======================================================================
Mau SWAKONSUMSI PULSA MURAH klik di sini !
Mau BONUS PULSA GRATIS klik di sini !
=======================================================================

21 komentar:

Muhammad Abduh said...

Izin mengkopi. Sumber tetap dicantumkan...

Unknown said...

Silakan akhi, semoga bermanfaat...

QuantumNinja007 said...

Malatya
Kırıkkale
Aksaray
Bitlis
Manisa
ZQLAJ

InfinityByteMaster9000 said...

adıyaman
sakarya
yalova
tekirdağ
amasya
35Y7Y

Amoss said...

görüntülü show
ücretlishow
2FA

GülSavaşçı41 said...

https://titandijital.com.tr/
çanakkale parça eşya taşıma
kırıkkale parça eşya taşıma
erzurum parça eşya taşıma
burdur parça eşya taşıma
WE0

AdventureMystery50 said...

ankara parça eşya taşıma
takipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
QYJE5

LunarSorcererY12345678 said...

ankara parça eşya taşıma
takipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
BKL8

NebulaCipheress12AT said...

sivas evden eve nakliyat
erzurum evden eve nakliyat
bitlis evden eve nakliyat
mardin evden eve nakliyat
rize evden eve nakliyat
WEJ20A

86896Logan67DB9 said...

06F16
Kars Evden Eve Nakliyat
Iğdır Evden Eve Nakliyat
Karabük Parça Eşya Taşıma
Malatya Evden Eve Nakliyat
Niğde Lojistik

63CBBJared21127 said...

1FF7B
Ardahan Evden Eve Nakliyat
Iğdır Evden Eve Nakliyat
Malatya Evden Eve Nakliyat
Silivri Duşa Kabin Tamiri
Referans Kimliği Nedir

31D2FJaylene60CF2 said...

0C357
Karaman Evden Eve Nakliyat
Silivri Çatı Ustası
Hatay Evden Eve Nakliyat
İstanbul Evden Eve Nakliyat
Kilis Evden Eve Nakliyat

054A3KristopherE696C said...

D0DE2
Uşak Evden Eve Nakliyat
Van Şehirler Arası Nakliyat
Elazığ Evden Eve Nakliyat
Gümüşhane Şehir İçi Nakliyat
Muş Parça Eşya Taşıma
 Kırklareli Şehirler Arası Nakliyat 
Bitlis Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Kurtarıcı
Trabzon Evden Eve Nakliyat

81C48Celeste02ABA said...

DF6B4
Bolu Şehirler Arası Nakliyat
Muş Evden Eve Nakliyat
İzmir Şehir İçi Nakliyat
Ağrı Evden Eve Nakliyat
Şırnak Parça Eşya Taşıma
Karabük Lojistik
Afyon Şehirler Arası Nakliyat
Mersin Lojistik
Batıkent Parke Ustası

2927BMelissaDD9D9 said...

2A195
Karabük Lojistik
Muş Evden Eve Nakliyat
Kütahya Evden Eve Nakliyat
Muş Şehir İçi Nakliyat
Bitcoin Kazanma
Adıyaman Parça Eşya Taşıma
Bartın Parça Eşya Taşıma
Iğdır Lojistik
Ort Coin Hangi Borsada

6BF8BCameron2AD88 said...

DD672
Tekirdağ Parke Ustası
Çorum Lojistik
Rize Lojistik
Artvin Lojistik
Sivas Parça Eşya Taşıma
Kırklareli Şehir İçi Nakliyat
Urfa Parça Eşya Taşıma
Düzce Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Çamaşır Makinesi Tamircisi

F2211ClarissaC3D3D said...

DB6E2
Mexc Borsası Kimin
Bitcoin Oynama
Kripto Para Madenciliği Nasıl Yapılır
Coin Kazma Siteleri
Chat Gpt Coin Hangi Borsada
Binance Referans Kodu
Binance Ne Kadar Komisyon Alıyor
Soundcloud Beğeni Hilesi
Clysterum Coin Hangi Borsada

F1F43Gibson14F8E said...

3D2A6
Casper Coin Hangi Borsada
Aion Coin Hangi Borsada
Mefa Coin Hangi Borsada
Apenft Coin Hangi Borsada
Btcturk Borsası Güvenilir mi
Lunc Coin Hangi Borsada
Facebook Beğeni Hilesi
Tiktok Takipçi Satın Al
Onlyfans Beğeni Hilesi

15D29Ismael42006 said...

F1EC5
Caw Coin Hangi Borsada
Spotify Dinlenme Satın Al
Btcturk Borsası Güvenilir mi
Dxy Coin Hangi Borsada
Facebook Grup Üyesi Satın Al
Raca Coin Hangi Borsada
Mexc Borsası Güvenilir mi
Bonk Coin Hangi Borsada
Görüntülü Sohbet Parasız

BE542AdamC61B1 said...

92C2A
dexview
dao maker
layerzero
phantom wallet
uniswap
defillama
debank
zkswap
yearn finance

FC635Marvin7E9AC said...

6A0D3
Kadışehri
Doğanhisar
Kalkandere
Hasköy
Tavas
Gülşehir
Yenişehir
Fındıklı
Çekerek

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.