Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mengelola Depresi Jadi Semangat Tinggi

Written By Unknown on Monday, August 9, 2010 | 8/09/2010 03:53:00 PM


Stres tidak selamanya mengandung efek negatif, namun bisa juga dikelola hingga membuahkan manfaat. Salah satunya, memberi dorongan semangat kerja.

Stres, biasanya, lebih dikaitkan dengan kondisi kejiwaan. Bukan fisik. Tapi, stres bisa menyebabkan penyakit fisik. Minimal melemahkan daya tahan tubuh.

"Stres adalah suatu kondisi di mana keadaan tubuh terganggu karena tekanan psikologis," kata Daniel Girdano dalam buku Controlling Stress and Tension.

Kondisi di bawah tekanan kerap muncul dalam interaksi manusia dengan lingkungannya. Masalah yang tidak terselesaikan berpotensi mengarah ke depresi. Stres terbentuk sebagai hasil akumulasi dari respon psikologis dan emosional.

Ada depresi yang sembuh tanpa terapi. Artinya, hilang seiring perjalanan waktu. Hal ini bisa terjadi jika depresi masih berada dalam batas wajar. Sebaliknya, ada pula depresi yang memerlukan proses penyembuhan tahunan.

Orang yang didera depresi, bahkan, punya kecenderungan melakukan bunuh diri. Untuk mengetahui kondisi ini, biasanya dokter akan memeriksa kondisi fisik, psikologis, dan cek laboratorium. Baru setelah itu ditentukan penanganan medis yang tepat. Apakan itu farmakoterapi dengan obat anti depresan, psikoterapi dalam bentuk konseling, atau kombinasi keduanya.

Berbagai hal yang menyebabkan stres atau stresor muncul jika seseorang mengalami kondisi
tertentu (situasional). Kondisi tertekan atau stres bisa dihindari jika memiliki kemampuan mengelola stresor.

Kemampuan ini berhubungan dengan proses kognitif (pola pikir) seseorang terhadap masalah yang muncul.
Ada dua stresor, yakni fisik dan psikologis. Stresor fisik terbentuk dari suara, suhu, luas ruangan, waktu, kondisi jalanan, dan lainnya. Stresor psikologis meliputi hal-hal yang memengaruhi sisi emosional dan jiwa seperti konflik, ketidakpastian, tekanan, dan kecemasan.

Stres bisa muncul saat seseorang tengah berada dalam kondisi mengejar suatu tujuan. Misalnya, ketika mengerjakan ujian, dalam pertandingan, memenuhi deadline pekerjaan, dan usaha kompetitif lainnya.

Artinya, stres bisa juga bersifat positif atau yang dikenal sebagai eustres. Kondisi ini bisa membuat seseorang jadi lebih fokus, bersemangat, dan terpacu untuk mencapai apa yang dituju.
"Situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari janganlah selalu dianggap sebagai masalah yang harus dihadapi dengan kondisi distres," ujar Dr Suryo Dharmono,
spesialis kejiwaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RSCM.

Hal itu, lanjut Suryo, bisa menurunkan kualias hidup. Sementara eustres adalah cara yang positif untuk 'menikmati' dan menghadapi masalah yang muncul.
Proses kognitif berperan sangat penting dalam menentukan apakan kondisi stres yang muncul akan jadi distres atau eustres. Untuk mengubah distres jadi eustres, seseorang harus mampu melihat suatu permasalahan yang muncul dari berbagai sisi.

Dengan kata lain, tidak hanya mengelola masalah melalui pola pikir yang sama. Proses kognitif (berpikir dan bertindak) mengacu pada latar belakang, usia, pengalaman, cara pandang, dan pola pikir seseorang menghadapi masalah.

Kreatif dalam mengelola sumber stresor dan dalam mencari sisi positif suatu masalah bisa membantu keadaan yang tidak menyenangkan. Selain itu, bisa membantu mengubah setiap rintangan jadi tantangan.

"Dengan terus kreatif setiap menghadapi masalah, seseorang akan mampu meraih hidup berkualitas," tambah Suryo.
Cara berikutnya adalah dengan relaksasi. Kondisi rileks bermanfaat untuk mengurangi perasaan tidak nyaman yang muncul seiring perubahan fisiologis. Relaksasi bisa berupa meditasi, pernapasan, dan relaksasi otot.

Menekuni hobi atau kegiatan yang digemari juga bisa membantu mengurangi stres sehari-hari. Keuntungan lain yang diperoleh adalah terjaganya level hormon kortisol dalam tubuh.(g)
Sumber : www.forumbebas.com

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.