Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Memahami Pentingnya Rencana Pemasaran (Marketing Plan)

Written By Sugar Sugiyarto on Saturday, December 18, 2010 | 12/18/2010 02:23:00 PM


Perusahaan-perusahaan yang sukses dalam pemasaran selalu dimulai dengan rencana pemasaran. Perusahaan-perusahaan besar memiliki rencana pemasaran hingga ratusan halaman; sedangkan perusahaan kecil dapat bertahan dengan hanya setengah lusin lembaran. Masukkan rencana pemasaran Anda dalam tiga-ring binder. lakukan review paling tidak tiga bulanan, tetapi lebih baik lagi bila dilakukan bulanan. Buat  tab untuk menandai dalam laporan bulanan penjualan / manufaktur, hal ini memungkinkan  untuk melacak kinerja realisasi dari rencana pemasaran yang telah anda buat.

Rencana pemasaran harus mencakup setidaknya assatu tahun. Untuk perusahaan kecil, ini adalah cara terbaik untuk memikirkan aspek pemasaran secara lengkap. karena banyak hal-hal yang berubah yang harus diantisipasi dengan rencana pemasaran; karyawan datang dan pergi, pasar tidak menentu, pelanggan datang dan pergi. Disarankan untuk membuat juga beberapa bagian dari rencana pemasaran anda yang membahas masa depan perusahaan dalam jangka menengah - dua sampai empat tahun. Namun sebagian besar rencana Anda harus fokus pada satu tahun mendatang.

Anda harus memberikan waktu yang cukup untuk menulis rencana pemasaran tersebut, bahkan jika itu hanya beberapa halaman. Mengembangkan rencana pemasaran adalah aspek pemasaran yang paling berat. Sementara melaksanakan rencana pemasaran memiliki tantangan tersendiri, memutuskan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya adalah tantangan pemasaran terbesar. Kebanyakan rencana pemasaran mulai direalisasikan pada tahun pertama usaha.

Siapa yang harus melihat dan memahami rencana pemasaran Anda? Semua pemain dalam perusahaan. tetapi banyak juga Perusahaan yang membuat rencana pemasaran menjadi sangat sangat rahasia/tertutup untuk satu dari dua alasan yang sangat berbeda: Entah karena mereka terlalu minim dan manajemen akan menjadi malu untuk membukanya kepada publik atau rencana pemasaran itu terlalu kompleks dan sarat dengan informasi penting. . . yang akan membuat rencana  pemasaran itu menjadi sangat berharga dalam persaingan usaha.

 Anda tidak dapat melakukan rencana pemasaran tanpa banyak orang yang terlibat. Tidak peduli apa ukuran perusahaan anda, dapatkan umpan balik dari semua bagian dari perusahaan Anda: keuangan, manufaktur, personil, suplai dan seterusnya - selain pemasaran itu sendiri. Hal ini sangat penting karena  rencana pemasaran anda akan melibatkan semua aspek yang ada dalam perusahaan. Personil kunci dari perusahaan Anda dapat memberikan masukan yang realistis pada apa yang dapat dicapai dan bagaimana tujuan perusahaan dapat tercapai, dan mereka bisa berbagi wawasan mereka terhadap apapun, peluang pemasaran yang potensial yang belum banyak direalisasi, akan menambahkan dimensi lain dalam rencana pemasaran anda. 
 
Apa hubungan antara rencana pemasaran dan rencana bisnis Anda ? Rencana bisnis Anda menjelaskan  tentang - apa yang Anda lakukan dan tidak lakukan, dan apa tujuan akhir Anda. Ini meliputi lebih dari pemasaran, melainkan dapat mencakup diskusi lokasi, kepegawaian, pembiayaan, aliansi strategis dan sebagainya. Ini mencakup "hal visi," kata ajaib yang menguraikan tujuan utama perusahaan Anda.  Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang di luar rencana bisnis, sebaiknya anda mengubah pemikiran anda atau rubah total semua rencana bisnis anda. rencana bisnis perusahaan Anda memberikan tempat di mana rencana pemasaran Anda harus berkembang. Kedua dokumen perencanaan ini harus konsisten dan bersinergi.

Sumber : http://ayo-wirausaha.blogspot.com/ 


==============================================
Mau SWAKONSUMSI PULSA MURAH klik di sini !
Mau BONUS PULSA GRATIS klik di sini !
==============================================

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.