Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

MOTIVASI BISNIS : Pantangan Dalam Berkarir

Written By Unknown on Sunday, January 16, 2011 | 1/16/2011 04:36:00 PM

Kiat atau tips untuk membangun karir sudah banyak, tapi pantangan atau hal apa saja yang patut dihindari dalam berkarir agar seseorang tidak terperosok  oleh hal hal yang tidak penting namun fatal akibatnya ?
  1. Sekalipun diminta, jangan pernah berdebat apalagi mengkritik atasan. Anda tidak tau apakah atasan Anda benar jujur atau cuma sekedar membangun citra sebagai atasan yang bijak. Namun jika Anda memiliki argumen yang kuat, sampaikan pendapat Anda dalam bentuk pertanyaan.
  2. Jangan pernah berfikir mengubah sistem perusahaan, kecuali yang di bawah supervisi Anda. Diperlukan wewenang, untuk dapat mengubah sistem perusahaan dan itu hanya milik atasan Anda. Lagipula bukankah untuk alasan tersebut atasan Anda digaji ?
  3. Jangan melampaui kecepatan "lari" atasan di bidang yang sama. Bisa bisa Anda disangka ingin menyaingi atau menyingkirkan dirinya. Namun mampukan diri Anda di bidang yang tidak dikuasai atasan Anda misal kemampuan berbahasa asing, kemampuan menulis artikel.
  4. Jangan berbohong, namun tidak semua hal yang Anda ketahui perlu diceritakan ke orang lain. Maksud baik Anda berterus terang, bisa jadi disalahgunakan orang lain untuk memukul balik Anda.
  5. Jangan pernah menolak tugas. Namun jika tugas yang dibebankan berbenturan dengan tugas lainnya, tanyakan ke atasan Anda, tugas mana yang ingin diprioritaskan terlebih dahulu. Jika perlu, minta penjadwalan ulang prioritas dan waktu.
  6. Jangan pernah menunda pekerjaan. Jika dimungkinkan, geser sebagian tugas yang penting dan mendesak menjadi tugas yang penting tapi tidak mendesak. Misal, dengan cara membuat rencana rencana ataupun persiapan pada kesempatan pertama.
  7. Jangan tergantung pada orang lain, kecuali pada sistem. Untuk itu berfokuslah untuk terus meningkatkan kompetensi Anda. Tapi jika sistem perusahaan tidak memerlukan kemampuan Anda, carilah sistem lain yang menginginkannya (baca : pindah departemen atau perusahaan).
  8. Jangan bekerja di bidang yang tidak Anda sukai. Hal tersebut akan membuat Anda selalu menghindari tugas dan otomatis memperlemah kemampuan Anda. Carilah bidang yang Anda sukai, namun jika Anda tidak memiliki pilihan lain, ubah minat Anda.
  9. Jangan curhat atau mengeluh masalah pribadi ke orang lain. Hal tersebut membuat Anda terlihat lemah dan tidak kompeten. Tanyakan solusinya pada orang yang lebih berpengalaman, ikut pelatihan, membaca buku motivasi ataupun meminta bantuan personal coach.
  10. Jangan biarkan emosi terganggu ataupun lari dari masalah. Apakah Anda gampang cemas, panik, takut, fobia, insomnia, tidak PD atau malas ke kantor, kecanduan game, kecanduan rokok dsb. ? Pastikan dengan ataupun tanpa bantuan profesional, hal tersebut dapat diatasi pada kesempatan pertama, karena dapat menggangu karir Anda.

Sumber : servoclinic.com

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.