Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Panduan Memilih Suplemen yang Tepat!

Written By Sugar Sugiyarto on Friday, February 10, 2012 | 2/10/2012 03:13:00 PM

Suplemen! Sekarang ini banyak sekali iklan produk yang mengimingi tentang kelebihan produknya masing-masing. Biarpun berbeda-beda, satu yang mereka katakan : makanan pokok saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi, apalagi dengan keadaan lingkungan modern dan lifestyle yang tidak menunjang gaya hidup sehat. Disinilah suplemen mulai berperan. Tetapi, suplemen manakah yang harus kita pilih? Artikel ini akan membahas tentang panduan memilih suplemen yang tepat.

Suplemen sebenarnya adalah asupan TAMBAHAN dari makanan. Keberadaan suplemen tidak dapat menggantikan makanan pokok. Biarpun sudah mengkonsumsi suplemen, tetap saja kita harus menjaga gizi dari makanan pokok yang kita makan. Nah, suplemen banyak sekali jenisnya. Yuk, kita pelajari berbagai macam suplemen yang tersedia di pasaran.

Suplemen apa saja yang dapat kita temukan di pasaran?
  • Vitamins , merupakan micronutrien dan ko-enzim yang diperlukan untuk membentuk energi. Vitamin dibedakan menjadi 2 tipe berdasarkan kemampuan kelarutannya, yaitu yang larut di dalam air (vitamin C, dan B complex) dan yang dapat larut didalam minyak (vitamin A,D,E, dan K).
  • Minerals, dapat ditemukan dalam bentuk senyawa ataupun berdiri sendiri tanpa ikatan dengan mineral lain. Mineral digunakan untuk membangun tulang, otot. Selain itu, mineral diperlukan dalam reaksi kimia untuk siklus tubuh sehari-hari. Contoh  mineral antara lain tembaga, besi, zinc, dan chromium.
  • Asam amino, dibuat dari protein yang berguna untuk zat pembangun. Asam amino banyak digunakan oleh atlit binaraga dan olahragawan. Terdapat sekitar 28 jenis asam amino yang dapat saling dikombinasikan untuk keberlangsungan hidup sehari-hari. Contoh  asam amino antara lain L-arginine, L-carnitine, L-glutamine.
  • Antioxidants, merupakan kelompok vitamin, mineral dan enzim yang dapat membantu melawan oksida bebas dan radikal bebas yang berpotensi merusak sel. Contohnya adalah melatonin, zinc, vitamin C dan koenzim Q10.
  • Enzim, merupakan senyawa protein yang berperan untuk mencerna makanan, merangsang perkembangan otak, memperbaiki sel dan sebagai katalisator energi. Beberapa enzim yang terkenal adalah amilase, selulase, lipase, laktase dan protease.
  • Madu, lidah buaya, propolis dan bee pollen, yakni bahan dari alam yang dapat langsung dipakai
  •  Rempah-rempah, adalah tumbuhan yang memiliki khasiat untuk penyembuhan dan menjaga fungsi tubuh tetap prima. Rempah bisa dipakai sebagai obat dengan takaran yang sesuai. Contohnya adalah bawang putih, jahe, ginseng, mengkudu,kumis kucing.
  • Asam lemak esensial, biasa dikenal sebagai essential fat acid atau EFAs. Asam lemak jenis ini digunakan untuk menyediakan asam lemak dan zat pembangun karena EFA tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Contohnya adalah minyak ikan, minyak bunga matahari, minyak biji anggur, minyak borrage atau bunga bintang.
  • Bioflavinoids, berfungsi untuk meningkatkan penyerapan vitamin. Seringkali bioflavinoids diberikan bersamaan dengan vitamin C
  • Makanan hijau, digunakan untuk detoksifikasi tubuh dan sebagai sumber energi. Contohnya adalah : chlorella, spirulina, rumput barley, extract rumput gandum
  • Serat, digunakan untuk membantu menurunkan nilai kolesterol dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal di dalam tubuh. Contohnya adalah : pectin/serat apel dan gandum

Apa yang biasanya menjadi pertimbangan ketika memilih suplement di outlet?
Selain fungsi dan kegunaan, promo, harga, dan merek menjadi pertimbangan tersendiri. Namun tidak dapat dipungkiri, promo yang gencar memiliki peranan besar dalam pertimbangan konsumen. Apakah ini salah? Sebetulnya tidak juga. Karena sampai sekarang tidak ada regulasi ataupun peraturan yang mengatur tentang janji- janji yang boleh tertera di label produk.

Bagaimana seharusnya memilih suplement yang baik?
Suplement yang baik adalah suplemen yang memiliki jumlah nutrisi paling mendekati Reference Daily Intake (RDI). RDI merupakan nilai rujukan gizi yang dipakai secara umum yang menggambarkan kebituhan gizi seseorang dalam 1 hari. Selain itu, patokan lain adalah Recommended Dietary Allowence (RDA). RDA adalah jumlah zat gizi yang diperkirakan dapat memenuhi 97%-98% kebutuhan gizi pada individu yang sehat berdasarkan umur dan jenis kelamin. Di sisi lain, nutrien biasanya di nilai dengan unit yang variatif yaitu : “mg” berarti milligram,“ug” berarti microgram, dan “IU” berarti International Units.
Berikut adalah tabel nutrisi RDI dan RDA

Bagaimana mengkonsumsi suplemen yang baik ?
  • Vitamin A, cukup dikonsumsi sesuai dengan RDI (1000 RE atau 3330 IU). Vitamin A yang dikonsumsi lebih dari 10,000 IU meningkatkan resiko bayi lahir cacat.
  • Beta-Carotene, merupakan senyawa yang akan dirubah didalam tubuh menjadi vitamin A, sehingga kemungkinan penumpukan vitamin A lebih sedikit. Hal ini juga menurunkan kemungkinan lahir bayi cacat. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi vitamin ini lebih dari 15,000 IU, karena dapat meningkatkan kejadian kanker pada pasien perokok.
  • Folic Acid. Konsumsi asam folat sebanyak 0.4mg atau 400ug akan menurunkan resiko cacat bayi seperti gangguan pada saraf tulang belakang dan timbulnya bibir sumbing. Asam folat juga berfungsi untuk menurunkan resiko sakit jantung dan kanker usus besar.
  • Vitamin D, banyak terkandung dalam ikan, susu, dan kacang-kacangan. Untuk orang yang berusia diatas 50 tahun, disarankan untuk menambah suplemen vitamin D sebanyak 400 IU. Tujuan penambahan itu untuk mencegah osteoporosis.
  • Fosfor,  dikonsumsi dalam batas maksimal 500mg, karena fosfor banyak terkandung dalam makanan pokok.
  • Besi. 0-10mg zat besi sudah cukup bagi orang yang tidak mengalami anemia ataupun gangguan perdarahan. Untuk anak-anak dan wanita yang masih dalam usia subur, dianjurkan untuk mengkonsumsi  10-14mg setiap hari, karena kelompok ini memiliki cadangan besi yang rendah Terlalu banyak konsumsi zat besi akan menyebabkan konstipasi atau sulit buang air besar.
  • Tembaga dan Zinc.  Mengkonsumsi 9 mg zinc dan 2mg tembaga dapat meningkatkan imunitas. Konsumsi zinc yang berberlebihan dapat menurunkan penyerapan tembaga dan bahkan dapat menekan imunitas tubuh.
  • Iodine, Manganese, Chloride, Molybdenum, Boron, Biotin, Asam Pantotenat, Nickel, Silicon, Tin, Vanadium. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang berhasil membuktikan bahwa seseorang membutuhkan zat-zat ini dalam asupan makanan.

Panduan memilih produk suplemen yang tepat!
Bagaimana memilih produk suplement yang tepat? Tentunya yang paling berpengaruh selain fungsi, tentu harus mudah diserap dan juga aman dikonsumsi. Untuk itu kita dapat memilah produk dari :
  • Pilih produk yang telah di chelate- kan, yaitu produk yang telah di proses dengan pengikatan molekul sehingga penyerapan didalam usus menjadi lebih sempurna. Dengan proses ini dapat dipastikan zat-zat yang terbuang akan minimal.
  • Pilih suplemen multivitamin karena lebih efektif dan memudahkan anda dalam mengkonsumsinya.
  • Pilih produk yang telah melalui penelitian yang dapat dipercaya dan telah disetuju oleh FDA, bukan hanya dari kesaksian sejumlah orang.
  • Pilih bahan suplement yang diproduksi dari bahan yang natural seperti extract dari buah-buahan, tidak mengandung pewarna buatan, perasa buatan, dan pengawet.
  • Bila anda memiliki alergi terhadap zat tertentu, perhatikan pula zat tambahan yang biasa ditambahkan kedalam suplement.
  • Disarankan untuk memilih produk tablet enteric coat, karena tablet jenis ini baru mulai melepaskan zat- zat yang kita butuhkan tepat pada pusat penyerapan yaitu usus, sehingga zat-zat ini tidak akan dirusak oleh asam lambung.

Jadi, sudah siap untuk mengkonsumsi suplemen yang tepat?

Sumber :
  • Live longer live better; Chauchard, Claude; la clinique de paris; 1998; hal 131-140
  • The anti aging solution; Giampa, Vincent et.al; Jhon Wiley and sons,inc; 2004; hal 129-156
  • http://www.lindamackenzie.net/choosesupp.htm
  • http://powertochange.com/life/choosingvitamins/
  • http://www.nutritional-supplements-health-guide.com/nutritional-health-supplements.html
  • Courtesy of Fraser Valley Health Region Community Nutrition located in Abbotsford, BC Canada
  • http://fnic.nal.usda.gov/nal_display/index.php?info_center=4&tax_level=1&tax_subject=620
  • http://www.iom.edu/Activities/Nutrition/SummaryDRIs/~/media/Files/Activity%20Files/Nutrition/DRIs/5_Summary%20Table%20Tables%201-4.pdf
  • Baca artikel selengkapnya di http://www.tanyadokteranda.com/kesehatan/2012/02/panduan-memilih-suplemen-yang-tepat/

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.