Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kajian Ta'aruf Seri 4 ; Tidak Meneruskan Proses Setelah Taaruf

Written By Sugar Sugiyarto on Saturday, February 11, 2012 | 2/11/2012 03:58:00 PM

Hamzah

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr. wb. Ustdaz, bagamaimana hukumnya seseorang yang melakukan ta'aruf, sewaktu taaruf pihak wanitanya langsung menerima tetapi harus menunggu selasai kuliahnya selama 4tahun, pihak laki-laki pin menyanggupi. Mungkin karena waktunya yang terlalu lama, pihak laki2 ini melihat bahwa wanita yang menjadi calonnya ini sering boncengan dengan teman laki2nya yang satu sekolah waktu SMA. Akhirnya laki-laki tersebut ingin memutuskan hubungan mereka tetapi ia takut karena sudah terlanjur menyanggupinya pada saat ta'aruf dan juga sama orang tua wanita tersebut. kira2 seperti apa solusinya dan bagaimana jawaban yang harus di sampaikan pada pihak wanita tersebut? Syukron Jazakallah.

Jawaban:

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Taa'ruf baru merupakan penjajakan untuk saling mengenal antar masing-masing calon. Kalau memang cocok bisa dilanjutkan pada proses khitbah (lamaran). Belum ada ikatan sama sekali kecuali sekedar kesepakatan tertentu. Karena itu, jika ternyata salah satu pihak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan ketentuan syariat, maka menjadi hak pihak lain untuk menelaah kembali taaruf yang telah dilakukan atau bahkan menghentikan proses selanjutnya.

Namun, kami berharap agar Anda melakukan tabayyun terlebih dahulu, apa benar wanita tersebut berboncengan dengan pria ‘asing’? apakah itu dilakukan karena ketidaktahuannya atau bagaimana? sehingga sebaiknya si calon diminta klarifikasi dan diberi nasihat. Jika menunjukkan tanda yang kurang baik, maka hak Anda untuk memutus proses tentu dengan cara yang baik.
Wallahu a'lam bish-shawab. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 http://www.syariahonline.com/

Artikel terkait : 
- Kajian Ta'aruf Seri 1 ; Pengertian Ta'aruf
- Kajian Ta'aruf Seri 2 ; Beda Pacaran dan Ta'aruf
- Kajian Ta'aruf Seri 3 ; Memilih Calon Istri Yang Cantik
- Kajian Ta'aruf Seri 5 ; Yang Dilakukan Akhwat Ketika Ta'aruf

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.