Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Info Newbie : Membaca Spesifikasi Laptop

Written By Unknown on Sunday, March 18, 2012 | 3/18/2012 03:54:00 PM

Info ini diperuntukan bagi orang-orang yang bingung tentang informasi spesifikasi Hardware laptop yang akan di beli.  Konten dijelaskan secara “umum” dan terdapat beberapa informasi “khusus”. Pahami dan gunakan dalam melihat spesifikasi teknis hardware laptop yang akan anda beli. Jangan sampai salah beli..

Processor
Intel vs. AMD?
Banyak sekali perdebatan mengenai kedua perusahaan ini. Namun sebenarnya kedua perusahaan ini  adalah pembuat prosesor terbaik di dunia dan saling berlomba mengembangkan jenis prosesor terbaik. Saat ini prosesor Intel untuk notebook, memiliki teknologi lebih baik untuk menghemat battery. Tapi kebanyakan pengguna tidak akan menemui kesulitan apapun merk prosesornya. Karena tidak ada perbedaan performa yang mencolok antara keduanya. Notebook dengan prosesor AMD biasanya lebih murah harganya.
Teknologi Intel Mobile Processor terkini
  • Pentium M (Dothan) – Digunakan pada noteboook yang diproduksi sekitar tahun 2004. Teknologi ini dibuat khusus untuk digunakan di notebook dan beroperasi dengan kebutuhan daya yang lebih kecil dan lebih dingin dibanding pendahulunya.
  • Celeron M (Dothan and Yonah) – Prosesor single core (satu inti) yang murah, sesuai untuk menjalankan hampir semua aplikasi dasar, seperti office dan grafis. Tetapi tidak mampu mendukung aplikasi yang berat.
  • Core Solo (Yonah) – Prosesor murah yang dibuat dari struktur Core Duo , tetapi hanya memiliki 1 inti CPU aktif. Core Solo menggantikan Pentium M pada tahun 2006.
  • Core Duo (Yonah) – Teknologi dual-core (dua inti) pertama dari Intel. Core Duo (32-bit) membuat 2 CPU aktif pada 1 prosesor tanpa meningkatkan konsumsi daya.
  • Core 2 Duo (Merom) – Versi 64-bit dari Core Duo, performanya sedikit lebih baik dari Core Duo dan bisa menjalankan Windows Vista dan aplikasi 64-bit lainnya.
Teknologi AMD’s Mobile Processors terkini
  • Sempron – Prosesor 1 inti murah yang terdapat pada notebook lama. Sebagai pengganti dari Athlon. Versi terbaru sudah mendukung aplikasi 64-bit.
  • Turion 64 – Prosesor 1 inti, 64-bit dengan konsumsi daya yang lebih rendah dari Sempron
  • Turion 64 x2 – Versi Dual Core, 64-bit dari Turion
GPU
Nvidia atau ATI?
Ini adalah topik perdebatan yang juga populer. Keduanya memproduksi kartu grafis yang bagus. Nvidia lebih baik dalam teknologi OpenGL dan dukungan Linux. Sedangkan ATI mempunyai kemampuan lebih baik di game, anti-aliasing dan anisotropic filtering. Tidak ada perbedaan yang mencolok diantara keduanya.
Paling penting Anda mengetahui seberapa besar kebutuhan program yang Anda gunakan terhadap kartu grafis. Jika Anda menggunakan aplikasi 3D atau game yang berat, Anda akan memerlukan VGA dedicated dengan performa yang tinggi. Jika tidak, VGA Intel GMA 900/950 yang terintegrasi sudah lebih dari cukup.

Memory
Dari semua komponen di notebook, jumlah RAM yang terinstall akan mempunyai efek yang paling kentara. Semakin besar RAM, semakin cepat semua aplikasi akan berjalan. Saat ini, 512MB adalah minimum, dan sangat disarankan Anda memiliki 1GB, terutama jika Anda menjalankan Windows Vista. Jika Anda banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan (multitasking), Anda perlu mempertimbangkan untuk upgrade ke 2GB.
Tidak ada perbedaan mencolok antara 533Mhz dan 667Mhz.
Memory juga merupakan salah satu komponen yang paling mudah di upgrade, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri.

Hard Drive
Berapa banyak kapasitas penyimpanan yang Anda perlukan? Apakah Anda berencana menyimpan banyak sekali file, musik, video atau foto? Jika ya, Anda memerlukan kapasitas Harddisk yang lebih besar. Tapi jika Anda memiliki dana yang terbatas, membeli harddisk external akan lebih murah dan bisa menjadi pilihan.

Optical Drive
Saat ini hampir semua laptop sudah dilengkapi dengan DVD writer, yang juga bisa berfungsi sebagai CD writer, DVD reader dan CD reader.

Wireless
Saat ini semua laptop juga sudah dilengkapi dengan teknologi wireless. Kebanyakan notebook sudah dilengkapi dengan Intel PROSET 3945 802.11 a/b/g Wireless card.

Battery
Jika Anda berencana sering menggunakan laptop Anda tanpa menancapkan kabel charger ke listrik, Anda memerlukan kapasitas battery yang cukup. Saat ini rata-rata battery notebook mampu bertahan sekitar 2-3 jam.

Bagaimana memilih Garansi?
Beberapa vendor notebook sudah menawarkan perpanjangan masa garansi dengan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda ingin menggunakan notebook untuk jangka panjang, tidak ada salahnya mempertimbangkan membeli perpanjangan garansi dengan harga yang berkisar antara 5-10% harga notebook.

http://udiware.wordpress.com/

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.