Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara Membaca Spesifikasi laptop atau PC

Written By Unknown on Sunday, March 18, 2012 | 3/18/2012 03:23:00 PM

Pas kita mau beli laptop atau PC, bingung mau pilih yang mana. Ada banyak jenis, macam dan berbagai spesifikasi dari laptop atau PC. Nah, saya beri cara untuk membaca spesifikasi Laptop atau PC.

Saya ambil contoh Laptop Acer 4740 :

Core i3-330M 2.13 Ghz
VGA GMA 4500
RAM 1 Gb
HDD 320 Gb
Display 14"

DVD RW, Wi-Fi
Windows 7 Starter


Kita mulai baca dari atas.

Core i3-330M 2.13 Ghz

Ini adalah jenis prosesor yang digunakan. Banyak tipe dan jenis yang beredar di pasaran. Core i3-330M adalah jenis prosesornya. Disini digunakan Prosesor Core i3 dari perusahaan Intel. Ini merupakan prosesor baru yang dimiliki oleh Intel. Ada juga prosesor Phenom X4 dari perusahaan AMD.

Lalu 2.13 Ghz adalah kecepatan yang dimiliki dari prosesor tersebut. Semakin tinggi kecepatannya maka semakin cepat pemrosesan datanya. Tapi semakin cepat panas juga laptop atau Motherboard PC anda.


VGA GMA 4500

Ini merupakan jenis VGA (Video Graphic Adapter/ Kartu Video). VGA jenis in biasa digunakan pada standard Laptop dan Netbook. Kalau anda ingin mencari VGA Card yang hebat, anda bisa memilih VGA Card dari perusahaan ATI atau NVIDIA. Contohnya Nvidia GT 220 1Gb. 1Gb adalah memori yang dimiliki oleh VGA Card. Semakin baru jenis VGA Card anda, maka semakin bagus kualitas Grafis dari laptop atau PC anda.

RAM 1Gb

RAM (Random Acces Memory) adalah jenis memori pada laptop dan PC anda. Memori ini digunakan untuk menyimpan data dan pemrosesan sementara. Semakin tiggi kapasitas yang dimiliki memori, maka semakin leluasa anda membuka banyak aplikasi dan pemrosesan. Tapi, kapasitas memori harus seimbang dengan spesifikasi prosesor. Contohnya prosesor Pentium 4 dengan RAM 4 Gb. Jika tidak seimbang, maka kinerjadari prosesor akan terganggu. Seimbang atau tidaknya memori dengan prosesor , bisa anda perkirakan sendiri. Hehehehe... :)

HDD 320 Gb

HDD (Hard Disk Drive) adalah media penyimpanan. Hard Disk dengan kapasitas yang besar, membuat anda bisa menyimpan data lebih banyak. Perlu diperhatikan juga kecepatan RPM (Read Per Minute/ kecepatan baca) dan buffer memori. Semakin tinggi kecepatan abcanya, maka semakin cepat Hard Disk melakukan tugasnya seperti meng-copy data lebih cepat.

Display 14"

Ini merupakan ukuran layar yang dimiliki dari laptop dan monitor PC. 14" dibaca 14 inchi. Semakin besar ukurannya tentunya semakin leluasa anda melihat layar laptop atau monitor PC anda. Tapi, untuk monitor PC, pilih jenis LCD dan hemat energi yah.. :)

DVD-RW dan Wi-Fi

DVD-RW adalah Disc Drive (Optical Drive/ untuk memasukkan CD). Disini, DVD-RW merupakan standar Disc Drive yang ada di laptop dan PC. Ada juga CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW, dan Blu Ray. Huruf R dan W pada Disc Drive, merupakan singkatan dari Read (R) dan Write (W). Jika ada kedua huruf tersebut pada Disc Drive anda, berarti Disc Drive anda bisa menulis dan membaca Disc/CD. DVD dan CD merupakan varian dari jenis CD.

Wi-Fi merupakan wireless atau sarana untuk internet tanpa kabel (nirkabel). Terdapat jenis-jenis Wi-Fi. Contohnya 802.11 b/g. Ini merupakan kecepatan atau jangkuan sinyal Wi-Fi yang bisa ditangkap oleh Laptop anda.

Windows 7 Starter

Ini adalah sistem operasi yang digunakan oleh laptop atau PC anda. Terdapat jenis sistem operasi yang digunakan. Misalnya Windows 7, Windows XP, dan lain-lain. Tulisan Starter merupakan tipe dari Windows 7 tersebut. Terdapat perbedaan tipe dari setiap Windows 7. Contohnya Windows 7 Ultimate dengan fitur yang lebih "wah" dari Windows yang lainnya. Tapi, sebaiknya anda menggunakan sistem operasi Linux (Distro Mandriva aja yah^^) agar tidak menambahkan biaya pembelian Lisensi sistem operasi yang komersil :)

Nah, itu adalah cara saya membaca spesifikasi Laptop dan PC yang dijual di pasaran.
Hehehehehe...
Untuk informasi hardware yang lebih spesifik, anda bisa membacanya di artikel saya nanti.

Nb : Mohon di ralat bila ada yang salah. Dan tolong di comment yah... ^^

Anonim mengatakan...
klo misalnya lhat spesifikasi langsung dari laptopnya gmna? truz lhat besar vga-nya gmna? mhon jawabannya.......
 
Dinkz23 mengatakan...
Klw mw lihat spesifikasi langsung dari laptop, tergantung dari sistem operasinya.. Kalau di Windows, klik kanan My Computer> klik Properties>klik tab Hardware>lalu klik Device Manager. Nah, disana nanti ada hardware2 yg bisa kk lihat spesifikasinya... :D
 
Dinkz23 mengatakan...
Oya, kalau mau lihat spesifikasi VGA yg lebih detail, kyknya gk bisa dari laptopnya langsung.. Kk bisa lihat dari website vendor VGA nya.. Btw, itu cara lihat spesifikasinya untuk Windows XP.. Hehehe.. :D

Anonim mengatakan...
kalo spesifiksi ini artinya gimana ya,,,, Acer Aspire 4750G-2412G64Mnbb Core i5 2410M 2.3Ghz, 14.0inch, HD Acer Cine Crystal, 2GB, 640GB, DVDRW, Nvidia Geforce GT 540M 1GB, Camera, Wifi, Bluetooth, Win 7 Home Premium. mohon bantuannya,,,, Matur Nuwun,,,,,,,
 
Dinkz23 mengatakan...
Acer Aspire nama mereknya. Core i5 2410M 2.3 Ghz itu prosesornya. HD Acer Cine Crystal itu fitur LCD nya. 2 GB memori RAM. 640GB memori Harddisk. DVD-RW itu CD Drive. Nvidia GeForce GT 540M 1GB itu VGA nya. Kamera, Wi-Fi (perangkat Wireless), Bluetooth, ini semua fitur dari netbooknya, dan Win 7 Home Premium itu Sistem Operasinya. Maaf lama balas komennya, baru nge net. hehe ^^

Anonim mengatakan...
intel atom processor n550 (1 mb L2 cache 1.50 GHz), 10.1" WSVGA Acer Crystal Brite LED Backlight, 1 GB DDR3, 160 GB HDD, Card reader, Acer crystal eye webcam, 6 cell battery, LINUX.. mhon pnjelasannya?? thx b4

Dinkz23 mengatakan...
intel atom processor n550 (1 mb L2 cache 1.50 GHz), 10.1" WSVGA Acer Crystal Brite LED Backlight, 1 GB DDR3, 160 GB HDD, Card reader, Acer crystal eye webcam, 6 cell battery, LINUX.. mhon pnjelasannya?? thx b4 Intel Atom Processor n550 (1 MB L2 Cache 1.50 GHz ini prosesor dari netbook agan beserta spesifikasi prosesornya. biasanya kalau spesifikasi gini cocok untuk pekerjaan yang ringan. 10.1" WSVGA Acer Crystal Brite LED Backlight ini adalah tampilan atau layar monitor dari netbook agan dengan fitur yang dimuat pada netbook nya. 1 GB DDR3 ini adalah memori RAM dengan tipe DDR3. kapasitas RAM dengan spesifikasi prosesor harus pas. 160 GB HDD ini kapasitas hard disk pada netbook. Card reader ini fitur yang dimuat pada netbook untuk membaca kartu memori seperti MMC atau SD Card. Acer crystal eye webcam ini fitur webcam yang ada dimuat pada netbook oleh Acer. 6 cell battery ini jenis baterai pada netbook dengan 6 cell yang membuat baterai tahan lama LINUX ini adalah sistem operasi yang dimuat pada netbook agan. Maaf lama post komentarnya :D
http://ghadinkz23.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.