Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Materi 07: Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas

Written By Unknown on Sunday, May 13, 2012 | 5/13/2012 10:00:00 AM

Materi 07
Newsletter Pintar Menulis dalam 9 Minggu

Cara Membuat Tulisan
yang Berkualitas
Oleh: Jonru
www.jonru.net

Dalam berbagai kegiatan pelatihan penulisan, atau obrolan pribadi, saya seringkali disambut oleh pertanyaan seperti ini. Tentu saja, susunan redaksionalnya berbeda-beda. Ada teman penulis yang bertanya, “Saya ingin membuat tulisan yang sangat luar biasa seperti novel Laskar Pelangi. Bagaimana caranya?”
Atau, “Bagaimana caranya agar saya bisa membuat tulisan yang benar-benar berkualitas tinggi, disukai oleh jutaan pembaca, menggugah, menimbulkan kesan yang mendalam, menyentuh perasaan, pokoknya yang benar-benar spesial dan luar biasa banget, deh.”
Atau, “Kenapa sebuah karya bisa “abadi” di hati pembaca? Misalnya Ronggeng Dukuh Paruk-nya Pak Ahmad Tohari. Ada resep khusus untuk membuat karya seperti itu?”
Saya yakin, banyak di antara Anda yang memiliki pertanyaan yang sama. Anda pasti ingin tahu apa jawabannya, ya?

Oke, begini teman:
Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan seperti di atas tak perlu diajukan sama sekali. Anda bahkan tak perlu memikirkannya.

Yang harus Anda lakukan adalah:

1.Teruslah berlatih menulis.
Jangan pernah berhenti menulis. Sebab menulis itu seperti menyetir mobil. Semakin tinggi jam terbang Anda, maka keahlian Anda pun insya Allah semakin baik.

2.Rajin-rajinlah membaca buku-buku yang berkualitas.
Jika tubuh kita diibaratkan “pabrik penulis”, maka inputnya – antara lain adalah bacaan, dan outputnya (atau produk yang dihasilkan) adalah tulisan. Dengan demikian, kegiatan membaca bagi seorang penulis sangat penting. Tulisan kita akan banyak diwarnai oleh jenis bacaan yang kita lahap. Bila Anda rajin membaca teenlit, maka Anda akan menjadi seorang penulis teenlit.

Bila Anda rajin membaca opini di surat kabar, maka Anda akan menjadi seorang penulis opini. Demikian seterusnya.Raditya Dika – salah seorang penulis papan atas Indonesia – pernah berkata:”Semua Penulis Hebat Pasti Berawal dari Pembaca Hebat.”Jadi kalau mau jadi penulis sukses, rajinlah membaca. Ini harga mati. Tak bisa ditawar-tawar!
 
3.Pelajari ilmunya.
Memang ilmu, kiat atau panduan menulis bisa dipelajari sambil jalan. Anda bisa menulis dengan bekal ilmu seadanya, lalu ilmu-ilmu lain bisa dipelajari sambil terus menulis.Tapi tentu saja, mempelajarinya pun sangat penting. Sebab dalam melakukan apapun, bekal ilmu itu sangat penting, bukan?
TIGA POIN di ataslah yang menjadi rahasia utama untuk membuat tulisan yang berkualitas!
Jadi bila Anda ingin membuat novel sebagus “Ronggeng Dukuh Paruk” misalnya, maka rajin-rajinlah membaca novel yang kualitasnya seperti itu. Maka insya Allah, Anda akan ketularan

Kiat yang saya beberkan di atas mungkin terkesan sangat sederhana. Anda mungkin tidak percaya, bahwa untuk membuat tulisan yang sangat bagus, menarik, menggugah dan abadi di hati pembaca, kiatnya hanya sesederhana itu.

Tapi percayalah! Kiat di atas memang terkesan sangat sederhana. Tapi bila dipraktekkan secara sungguh-sungguh, insya Allah suatu saat nanti Anda akan menemukan sebuah – bahkan mungkin banyak – fakta yang mengejutkan

Yang jelas, seperti yang saya sebutkan di atas, Anda tak perlu repot-repot memikirkan “Bagaimana caranya agar saya bisa membuat tulisan yang sebagus novel karya Ahmad Tohari atau Andrea Hirata”. Praktekkan saja kedua kiat di atas. Saya doakan, suatu saat nanti Anda akan jauh lebih hebat dari Andrea Hirata bahkan Stephen King!

Semoga bermanfaat. Salam sukses!

Jonru

Artikel terkait :
- Materi 01: Motivasi Menulis (Penyakit Internal Penulis Pemula)
- Materi 02: Rahasia Terbesar di Dunia Penulisan 
- Materi 03: Inilah CARA Menjadi Penulis
- Materi 04: Kapan Saat yang Tepat untuk Mulai Menulis?
- Materi 05: Status Penulis Pemula BUKAN Kutukan
- Materi 06: Kiat Mengatasi Penyakit Malas Menulis
- Materi 08: Kiat agar Punya Banyak Ide dan Produktif Menulis

4 komentar:

RumaHerbalku said...

weuuh mas bro... png Jadi mas bro bisa berkualitas dalam hal menulis,,,,

Unknown said...

Ok Kang Bro...
Mari tingkatkan kompetensi. Yuk...

Cream Pemutih Ketiak dan Selangkangan said...

Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca tentang cara membuat tulisan yang berkualitas.... Saya suka mengunjungi blog ini.

Magdalena said...

postingannya sangat membantu sekali gan, mksh bnyk..

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.