Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Antara Kasihan dan Empati

Written By Sugar Sugiyarto on Sunday, September 2, 2012 | 9/02/2012 08:19:00 PM

Antara Kasihan dan Empati

Oleh : Sugar Rolays    

Teman Atau Sahabat

Seorang sahabat begitu depresi berat setelah badai masalah menerjangnya dari berbagai penjuru. Tiba-tiba mendung menenggelamkan wajah cerianya. Hati yang dulu seluas samudera, kini bagai telaga kering tak bermata air. Sorot mata elangnya berganti pandangan kosong tanpa harapan. Ia memenjarakan (dipenjarakan?) diri dalam labirin sempit tiada cahaya.

Dan....  Satu persatu sahabat pergi makin menambah perihnya hati. Ya, derita telah sampai pada titik puncak didihnya!  Itulah bagian dari gurat takdir yang harus dia perankan. Entah apa yang sedang direncanakan pencipta langit kevpadanya. Yang jelas tak ada yang salah dengan rencana-NYA, mutlak benar!

Ah... bukankah dalam kondisi seperti ini kematian adalah jalan keluar paling menggiurkan? Begitulah setan membisiki hatinya. Selalu begitu, lihai memainkan peran sebagai musuh abadi. Teramat sabar menguntit jiwa-jiwa rapuh dan menelikungnya tanpa ampun. Berbagai jurus mematikan dan siasat licik seolah menjadi nafas mereka. Kawan... belajarlah kesabaran sekalipun itu dari setan. 

Untung.... di sela gulita hatinya, masih terselip setitik iman yang menegur saudaraku ini bahwa ada hidup sesudah mati, abadi. Dan ada pertanggungjawaban di sana nanti.  Di sudut jiwa lainnya ada harap begitu kuat, para sahabat datang membawa obat. Keluh kesah biar tertumpah. Gelap hati biar tersinari. Namun waktu yang berlalu mencipta jurang dan menghapus namanya dari ingatan para sahabat. "Wahai... aku terjepit di antara hidup dan mati" jeritnya kepada sunyi. Oh... pantas saja Adam tak ingin sendiri. Apa artinya bertahta dalam sepi ? Hingga akhirnya Adam dihadiahi Hawa. "Dan aku ?" dalam gundah dia bertanya sepenuh iri. Seolah lupa bahwa Hawa tercipta setelah kesabaran Adam telah purnama. 

Sebenarnya sangat sederhana harapannya kepada para sahabat. Cukup hanya kunjungan mereka saja itu telah menjadi obat, bukan yang lain. Bukan yang lain ? Tidak juga. Doa. Ya, ia juga membutuhkan doa-doa para sahabatnya. Tentu saja ia masih ingat tentang betapa dahsyatnya kekuatan doa. 

Datanglah... berjabat tangan, basa-basi satu dua kata lalu pulang. Itupun sudah cukup menenangkan. Atau kalau memang terlalu sibuk 24 jam nonstop mengurus negara, setidaknya sms pun bolehlah. Masak iya masih juga enteng mengelak : "Aku gak punya pulsa-aa...." 

Ini adalah kerumitan yang sederhana. Keinginannya untuk ditemani sama kuatnya dengan keinginannya untuk menyendiri. Begitulah hasil karya dari hati yang gulana: membuat otak korslet! 

Seandainya saat itu dia sudah tahu bahwa berharap pada makhluk itu adalah kebodohan...
Seandainya dia pun telah tercerahkan tentang pentingnya berharap HANYA pada Allah...
Seandainya... hem.. bahkan berandai-andaipun itu sebuah ketololan !! 

Walau demikian, setitik keadilan Tuhan mewujud dalam bentuk percikan hikmah. Memang hanya setitik, sepercik. Namun cukup membasahi urat kedewasaan dan membuatnya bertumbuh. (begitulah... terkadang datangnya hikmah itu sepercik demi sepercik dari lautan hikmah yang Dia miliki).

Ya, saat itulah nama-nama sahabatnya terpilah menjadi dua bagian di hatinya :
- Satu bagian tetap istimewa, terukir indah sebagai: SAHABAT, dan...
- Satu bagian lagi terpaksa turun derajat menjadi: HANYA TEMAN BIASA. 

 Insya Allah bersambung...... 

Teman dan Seonggok Rasa Kasihan 

Sahabat Empatinya Dahsyat


_______________________________________________________________________________

PENTING !!! 

Pahala sedekah HANYA dengan KLIK dan SHARE !

Syawal adalah bulan peningkatan.. Jika Anda ingin bersama-sama mendapatkan pahala sedekah maka tak ada alasan untuk menolak meng-KLIK link ini dan tentu saja juga men-SHARE ke sahabat-sahabat Anda. Apa alasannya ??? Karena link artikel ini
sedang diikutkan lomba SEO BLOG CONTEST dengan hadiah total 16 juta. Kabar baiknya jika menang juara berapapun maka 50% akan DI-SEDEKAH-KAN !! Ini beneran dan tidak main-main. Karena memang kita sedang belajar berjual beli dengan Allah.... yang pahalanya? Anda pasti lebih paham :-)
Mari bersama meraih pahala semudah meng-klik dan men-share link ini....
http://rolays.blogspot.com/2012/08/lakucom-belanja-online-grosir-eceran.html

_______________________________________________________________________________


0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.