Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Ubah Bisnis Anda dari Biasa Menjadi Luar Biasa - Purple Cow Theory

Written By Sugar Sugiyarto on Wednesday, January 12, 2011 | 1/12/2011 11:10:00 AM

bila anda sedang plesir ke daerah perdesaan atau kebetulan memiliki peternakan sapi, coba anda perhatikan sapi-sapi yang ada di peternakan itu. rata-rata sapi itu berwarna putih, coklat, hitam atau kombinasinya. mungkin anda akan melihat bahwa tidak ada yang istimewa dari sapi-sapi itu karena semua memiliki warna yang sama alias seragam. apalagi jika sapi-sapi itu dikumpulkan di sebuah padang rumput dan berbaur satu sama lain. maka semakina anda melihatnya sebagai sebuah kumpulan dan mungkin akan mengalihkan pandangan ke objek yang lebih menarik daripada sekumpulan sapi. tapi tunggu dulu, mata anda tiba-tiba tertambat pada seekor sapi yang berwarna ungu. anda penasaran dan mungkin akan mendekati sapi itu untuk meyakinkan diri anda bahwa mata anda tidak berbohong.

ah ... ternyata benar, sapi itu berwarna ungu. sekilas tak ada yang berbeda secara fisik dari sapi yang lain, hanya warna nya saja yang berbeda. hingga membuat kita turun dari mobil dan mendekatinya hanya untuk memastikan bahwa sapi itu benar-benar berwarna ungu... dan memastikan bahwa itu adalah sebuah sapi... bukan terong.

itulah salah satu rahasia dari sekian banyak rahasia untuk menjadikan bisnis anda menjadi luar biasa. yaitu  anda harus berbisnis sapi... hehehe. bukan.. bukan itu... maksudnya adalah jadikan bisnis anda berbeda dengan bisnis serupa yang ada di pasaran. berikan "warna ungu" pada bisnis anda.

bisnis sekarang ini banyak yang menjadi objek tiruan bagi bisnis-bisnis baru yang muncul. apalagi ada slogan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi), yang kadang-kadang benar-benar Amati dan Tiru abiss... tapi lupa Modifikasi. sehingga bisnis baru yang didirikan itu tidak lebih dari sekedar sapi biasa yang hanya berwarna putih, hitam, coklat dan kombinasi. yang membuat orang yang memandanginya enggan untuk memperhatikannya satu persatu (karena memang ga ada bedanya).

oke... berarti anda sudah tahu bahwa anda harus memberikan sesuatu yang berbeda terhadap bisnis anda sehingga menjadi lebih "terlihat" dan membuat para calon customer penasaran untuk mendekati, mengamati dan menjadi pelanggan loyal anda. berikan sesuatu yang tidak dimiliki oleh pesaing-pesaing anda, apakah itu berupa layanannya atau produknya yang harus dimodifikasi ataupun ditambah. jangan sungkan untuk merubah dan mencoba sesuatu yang baru bagi bisnis anda sepanjang hal itu memberikan manfaat lebih kepada customer anda.

lalu bagaimana jika pesaing juga ikut-ikutan meniru abiss cara bisnis anda, kan itu artinya sapi anda tidak lagi jadi ungu.
ketika sapi-sapi yang lain ikut-ikutan berubah menjadi ungu... maka sapi anda akan berubah menjadi sapi "biasa" karena memang tidak ada istimewanya jika semua sapi yang ada di padang rumput berwarna ungu. maka yang harus anda lakukan adalah selalu merubah "warna" sapi anda secara berkelanjutan, dengan kata lain buat lah inovasi-inovasi secara berkala. apakah per dua bulan, per tiga bulan, atau per enam bulan sekali, dengan begitu bisnis anda akan selalu "unik" dan tidak pernah sama dengan bisnis-bisnis serupa yang ada.

Sumber : http://ayo-wirausaha.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.