Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

SEFT Atasi Masalah Fisik & Emosi

Written By Sugar Sugiyarto on Monday, April 11, 2011 | 4/11/2011 09:56:00 PM

Ahmad Faiz Zainuddin
SEFT (Spiritual, Emotional, Freedom, Technique) merupakan terapi pengembangan diri yang menggabungkan 14 teknik untuk mengatasi berbagai masalah fisik, emosi, dan prestasi secara cepat dan mudah.

Dalam sebuah training SEFT yang diadakan Logos Institute, peserta bernama Yanto (30) mengaku takut berbicara di depan umum. Saat dipegang, tangan Yanto berkeringat. Namun, setelah diberi totokan lembut dengan metode SEFT 15 selama menit, ia kemudian mampu berpidato.

Cerita lain lagi datang dari seorang guru bahasa Inggris yang mengaku fobia katak. Setiap kali mendengar suara, apalagi melihat katak, sekujur tubuhnya jadi lemas tak bertenaga. Dengan tapping 5 menit, katak yang ada di depannya dianggap lucu.

Ahmad Faiz Zainuddin adalah penemu SEFT. Teknik pengembangan diri yang dikembangkannya menggabungkan 14 teknik terapi: kognitif (NLP), behavioraltherapy, logotherapy, psikoanalisis, EMDR, hipnosis, (Ericsonian), sugesti, afirmasi, visualisasi, Gestalt, meditasi, metode provokatif sedona, energi, dan powerful prayer "Teknik ini telah dibuktikan secara ilmiah. Tidak ada unsur supranatural atau klenik," ujar Faiz.

SEFT, menurut sarjana psikologi lulusan Universitas Airlangga ini, dikembangkan dari EFT (Emotional Freedom Technique), karya Gary Craig, yang kini populer di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. Gunanya untuk mengatasi berbagai masalah fisik, emosi, dan meningkatkan performa kerja.

Ada dua teknik utama yang mendasari SEFT, yakni energi psikologi dan spiritualitas. Energi psikologi adalah seperangkat prinsip dan teknik memanfaatkan sistem energi tubuh untuk memperbaiki kondisi pikiran, emosi, dan perilaku.

Pengaruh sistem energi tubuh terhadap dimensi emosi inilah yang diteliti Dr. Roger Callahan. Eksperimen dilakukan tanpa jarum (seperti akupuntur) ataupun menekan berlebihan (seperti akupresur), hanya menggunakan ketukan ringan ujung jari (tapping).

Dengan eksperimen ini Callahan membantu pasiennya sembuh dari berbagai masalah psikologis dalam waktu sangat cepat (dalam hitungan menit). Dengan penemuan ini disimpulkan bahwa penyebab emosi negatif adalah terganggunya sistem energi tubuh.

Tiga tahap

Menurut Faiz, ada tiga hal yang dapat dilakukan dengan SEFT, yakni penyembuhan, meningkatkan prestasi, dan kedamaian. Prinsip dalam penyembuhan yakni singkat dan lengkap, melalui set up, tune in, dan tapping. Sebelumnya dilakukan identifikasi penyakit, mencari lokasinya, lalu membuat intensitas sakitnya dari skala 0-10.

"Contohnya, gangguan nyeri punggung menahun. Cari lokasi sakitnya di mana, semisal punggung bagian bawah dan intensitasnya 7. Selanjutnya lakukan set up, tune in, tapping," imbuhnya.

Dalam kasus sakit punggung, saat set up, gunakan tangan kanan untuk mencari titik nyeri, letaknya di bahu kiri, yang bila ditekan terasa nyeri atau sakit. Sambil digosok-gosok, ucapkan set up word atau doa; "Ya Allah/Ya Tuhan, meskipun punggung kiri bawah sakit, nyeri, saya ikhlas menerimanya, saya pasrah kepada-Mu sepenuhnya atas kesembuhan punggung saya."

Poinnya, kata Faiz, ketika melakukan set up sambil menggosok adalah "curhat" masalah kepada Tuhan, kemudian menerima rasa sakit dengan ikhlas dan pasrah.

Sejurus kemudian, lakukan tune in. Caranya, rasakan sakit di punggung. Sambil dirasa sakitnya, fokuskan pikiran di tempat sakit, lalu lantunkan doa: "Ya Allah, saya ikhlas, saya pasrah."

Lantunkan doa ini terus-menerus sampai rasa sakitnya sedemikian terasa.

Tahap terakhir adalah tapping. Caranya dengan menekankan dua jari di sembilan titik sistem energi tubuh (titik utama), sambil berdoa: "Ya Allah, saya ikhlas, saya pasrah."

Titik-titik utama tersebut adalah titik di ubun-ubun, pangkal alis, samping mata, bawah mata, bawah hidung, bawah mulut, tulang leher, bawah puting susu, dan di bawah ketiak (lihat gambar). Semua itu adalah titik-titik akupuntur.

Bila tiga kali terapi singkat belum berhasil juga, lakukan penyembuhan secara lengkap. Caranya, lakukan tapping di sembilan titik utama dilanjutkan tapping di titik tambahan yang jumlahnya sembilan area di tangan.

Kata Faiz, ada empat kunci keberhasilan SEFT, yakni khusyuk, ikhlas, pasrah, dan syukur. "Keempat kunci itu bila dilakukan, Anda berada dalam zona keajaiban," katanya.

Sumber : Senior

0 komentar:

Post a Comment

Salam hangat....
Komentar anda adalah tanda jabat erat persahabatan di antara kita.