Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Menyusun Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil

Written By Unknown on Wednesday, June 29, 2011 | 6/29/2011 04:55:00 PM

Konsep marketing merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah lama dirintis, baik  usaha kecil maupun usaha yang telah berkembang sekalipun. Semuanya membutuhkan konsep marketing untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Berbicara tentang konsep marketing, maka sesungguhnya kita sedang membicarakan bagaimana strategi pemasaran produk yang kita jual.Hal itu pulalah yang dihadapi oleh usaha kecil yang saat ini banyak bermunculan. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha kecil masih sangatlah sulit. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kecil tentunya dengan fokus pada strategi pemasaran.

Dengan terbatasnya anggaran marketing yang dimiliki usaha kecil, bukan berarti menjadikan usaha kecil kalah dengan usaha skala besar. Untuk itu kita harus lebih kreatif dengan anggaran biaya yang minim untuk menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa cara untuk mengoptimalkan pemasaran dengan anggaran terbatas :
  1. Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan
  2. Mencoba mengirimkan penawaran produk kepada pelanggan serta memberikan potongan harga untuk paket pembelian tertentu.
  3. Perkenalkan produk dan usaha Anda melalui media gratis, hal ini akan membantu pencarian para konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Misalnya saja publikasi melalui internet.
  4. Libatkan lingkungan yang ada disekitar usaha Anda, dalam salah satu kegiatan yang usaha Anda laksanakan. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara publikasi gratis kepada masyarakat sekitar.
Selain itu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil yaitu sebagai berikut :
1. Konsistensi
Dengan adanya konsistensi terhadap semua area marketingnya, dapat membantu mengurangi biaya marketing dan meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2. Perencanaan
Perencanaan konsep marketing yang akan dijalankan usaha kecil sangat mempengaruhi banyaknya pelanggan yang diperoleh. Oleh karena itu luangkan waktu untuk merencanakan strategi marketing, anggaran marketing, serta konsep lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.
3. Strategi
Strategi merupakan dasar untuk kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan, misalnya siapa target pasar, bagaimana usaha kecil membidik pelanggan, dan bagaimana cara menjaga konsumen yang ada sebagai pelanggan tetap.
4. Target Market
Mendefinisikan secara tepat pangsa pasar yang dituju, dengan memilih satu atau lebih dari segmen pasar yang akan dimasuki. Target pasar yang jelas akan membuat konsep marketing lebih mudah dilaksanakan.
5. Anggaran
Menghitung anggaran marketing merupakan bagian yang berat dan membutuhkan keakuratan hasil hitungan. Dari anggaran yang dibuat, dapat dipersipkan dana yang akan dibutuhkan untuk pemasaran. Biasanya usaha kecil membuat anggaran dengan tidak terlalu akurat, sehingga terjadi pemborosan.
6. Marketing Mix
Marketing mix biasanya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat, dan promosi. Sebagai pengusaha kecil, perlu memutuskan dengan spesifik produk (atau jasa), harga yang sesuai, dimana dan bagaimana Anda akan mendistribusikan produk Anda, dan bagaimana orang lain dapat mengetahui tentang produk yang ditawarkan.
7. Website
Saat ini bisnis apapun termasuk usaha kecil usahakan memiliki website, karena hampir 60% konsumen datang dari informasi dari internet. Sehingga informasi produk melalui website pun sangat mendukung peningkatan jumlah pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.
8. Branding
Branding adalah bagaimana konsumen menerima produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Terkadang usaha kecil selalu melupakan kebutuhan brand atau pengenalan gambar, logo, bahkan produk yang usaha kecil hasilkan.
9. Promosi dan iklan
Promosi dan iklan merupakan konsep marketing yang harus dipertimbangkan pada berbagai bsnis dan produk, termasuk pada usaha kecil. Promosi dan iklan yang baik akan menghasilkan pengakuan brand yang efektif  hingga mampu meningkatkan penjualan.
10. Customer Relationship Management
Pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang tepat menjadi salah satu hal penting untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Misalnya saja dengan membuat kartu membership, dan memberikan potongan harga tertentu bagi para member.
Ingat, bahkan sebuah usaha bisa hancur jika strategi pemasaran yang diterapkan tidak tepat. Oleh karena itu, review kembali konsep pemasaran dan rencana strategi pemasaran Anda, agar usaha Anda dapat berkembang lebih cepat dan tepat.

bisnisukm.com
6/29/2011 04:55:00 PM | 0 komentar | Read More

Apa Saja Kesalahan dalam Pemasaran Produk?

Written By Unknown on Monday, June 27, 2011 | 6/27/2011 08:15:00 PM

Promosi produk merupakan salah satu bagian penting dari strategi pemasaran bisnis. Dengan adanya promosi produk, membantu para pelaku usaha untuk menginformasikan hasil produksinya kepada pangsa pasar. Selain itu promosi produk, juga membantu para pengusaha untuk meningkatkan angka penjualan produk guna meraih omset yang mereka targetkan.Berbagai strategi digunakan para pengusaha untuk meningkatkan pemasaran produknya, dari mulai menciptakan produk yang dibutuhkan konsumen, memberikan harga yang sesuai dengan target pasar, memilih lokasi usaha yang strategis, serta melakukan kegiatan promosi yang mendukung peningkatan penjualan. Meskipun telah melakukan berbagai kegiatan pemasaran, namun masih juga ada perusahaan yang tidak berhasil menjalankan pemasaran produknya. Sehingga strategi yang dipakai tidak mampu meningkatkan omset penjualan mereka.

Hal ini mungkin saja terjadi, karena masih banyak perusahaan yang melakukan kesalahan dalam strategi bisnisnya. Bisa jadi kualitas produknya yang bermasalah atau bisa juga terdapat kesalahan dalam strategi pemasarannya. Kebanyakan pengusaha hanya fokus pada caranya saja, namun jarang mengevaluasi strategi yang sudah digunakan. Sehingga mereka tidak mengetahui kesalahan strategi pemasaran yang diterapkannya.
Untuk itu agar usaha Anda tidak termasuk perusahaan yang melakukan kesalahan,apa saja kesalahan dalam pemasaran produk berikut kami berikan informasi mengenai yang sering dilakukan oleh para pelaku usaha.
  • Banyak perusahaan yang mengharapkan pelanggannya datang sendiri, namun tidak memiliki strategi pemasaran khusus yang mampu menarik minat konsumen. Pelaku bisnis selalu berpikiran, bahwa produk yang berkualitas tanpa dipromosikanpun dapat mendatangkan konsumen. Padahal sebagus apapun produk Anda, tidak akan diketahui konsumen tanpa adanya pemasaran yang mendukung. Kualitas produk yang tidak didukung promosi produk, hanya akan kalah bersaing dengan produk lain karena banyak produk baru muncul dengan kualitas yang lebih bagus. Untuk itu ciptakan strategi promosi yang unik, untuk menarik minat konsumen yang menjadi target pasar Anda.
  • Tidak berani menentukan target pasar yang lebih spesifik. Kebanyakan pelaku bisnis, memilih memproduksi produk yang bisa diterima oleh semua orang, ini menjadi kelebihan sekaligus kesalahan di bidang pemasaran. Kelebihannya Anda memiliki sasaran pasar yang lebih luas, namun kekurangannya konsumen tidak mendapatkan nilai lebih dari produk Anda. Sebaiknya jika Anda ingin menjangkau semua pasar, ciptakan keunikan tersendiri untuk tiap segmen pasarnya. Sehingga produk Anda tetap bisa memberikan nilai lebih bagi semua orang, dengan tetap memperhatikan kebutuhan tiap segmen pasar yang berbeda. Misalnya : produsen susu yang membedakan produknya sesuai target pasar yang dilihat dari usia konsumen.
  • Kesalahan yang ketiga yaitu, kebanyakan tampilan kemasan produk lebih menekankan keunggulan produk tersebut dibandingkan cara pemakaiannya. Jadi penjelasan yang diterima konsumen kurang lengkap,  dan pemahaman konsumen akan produk tersebut juga kurang. Maka tak heran jika konsumen kurang tertarik dengan produk tersebut, karena konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk berdasarkan informasi yang dicantumkan pada kemasan produk tersebut.
  • Kurangnya riset dan uji pasar, kesalahan melempar produknya ke pasaran tanpa melakukan uji pasar terlebih dahulu sering dilakukan para pelaku usaha. Akibatnya Anda tidak mengetahui apakah produk yang dilempar ke pasaran sudah sesuai dengan kebutuhan pasar yang ada saat ini. Sebelum memasarkan sebuah produk, lebih baik lakukan riset terlebih dahulu mengenai kebutuhan pasar sehingga produk yang Anda tawarkan bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.
  • Ciptakan inovasi baru dalam memasarkan produk Anda, jangan meniru pemasaran yang sudah sering digunakan para pesaing. Lebih baik Anda menciptakan strategi promosi baru, agar produk Anda tidak dinilai sebagai produk pasaran dan memiliki nilai lebih dimata para konsumen. Hindari pula pemasaran dengan menjatuhkan produk pesaing, karena akan membuat konsumen tidak yakin dengan kualitas produk Anda.
  • Masih banyak pelaku bisnis yang kurang optimal dalam menjalankan strategi pemasaran, pemasaran masih dipandang sebagai beban perusahaan. Jadi sebisa mungkin dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Hal ini menjadi kesalahan besar bagi perusahaan, karena semestinya biaya pemasaran juga dianggarkan tersendiri sehingga kegiatannya pun juga bisa dilakukan secara optimal.
  • Bila pemasaran bisnis telah berhasil menjaring pelanggan, biasanya perusahaan tersebut cepat puas. Yang lebih parah lagi, banyak pelaku usaha yang sudah merasa puas bila memperoleh banyak pelanggan baru. Sampai – sampai pelanggan yang lama diabaikan dan hilang  begitu saja, karena perusahaan terlalu fokus mencari pelanggan baru. Sehingga pemasaran tidak bertambah luas, hanya berganti pelanggan saja.
Selalu ada pembelajaran besar dari setiap kesalahan, semoga informasi kesalahan dalam menjalankan pemasaran produk juga dapat memberikan pembelajaran besar bagi para pelaku bisnis maupun para pemula yang sedang merencanakan peluang bisnis. Salam sukses.
bisnisukm.com
6/27/2011 08:15:00 PM | 0 komentar | Read More

Bagaimana Cara Menghadapi Persaingan Pasar?

Written By Unknown on Sunday, June 26, 2011 | 6/26/2011 09:45:00 AM

Memulai usaha baru memang bukanlah perkara yang mudah, berbagai tantangan dan persaingan pasar turut mewarnai perkembangan sebuah usaha. Dalam menjalankan bisnis, adanya persaingan pasar memang bukan hal yang baru. Baik usaha yang memang memiliki peluang pasar cukup bagus, atau pun peluang usaha yang pasarnya tidak terlalu bagus. Bagus tidaknya peluang usaha disini tentunya kita ukur dengan tingginya permintaan pasar.

Oleh karena itu, maraknya pertumbuhan usaha saat ini, ternyata berhasil menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat. Keadaan ini tentu saja memaksa para pengusaha untuk menggunakan berbagai cara dalam strategi pemasaran mereka. Banyak cara yang  mereka lakukan agar usahanya tidak kalah bersaing dengan peluang usaha lainnya, sehingga masih bisa bertahan bahkan berkembang ditengah persaingan pasar yang semakin ramai.

Untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi persaingan pasar? Berikut kami berikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan, untuk memenangkan pasar.
  • Amati pasar dan kenali pesaing Anda. Dalam menghadapi persaingan, terlebih dulu lihatlah potensi pasar yang ada. Serta cari tau siapa pesaing yang kompeten saat ini, sehingga Anda tidak salah langkah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing Anda, secara tidak langsung menentukan bagaimana cara menghadapinya.
  • Ciptakan produk yang berbeda. Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada dipasaran, maka produk Anda memiliki nilai lebih dimata konsumen. Produk yang unik dan berbeda, memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mengenali produk Anda, dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran.
  • Tonjolkan keunggulan produk Anda. Fokuskan diri untuk lebih menonjolkan keunggulan produk Anda, misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima yang selama ini Anda tawarkan kepada konsumen. Sehingga loyalitas konsumen terhadap produk Anda, akan semakin meningkat.
  • Pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui kelebihan apa yang dimiliki pesaing Anda, dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing Anda, atau berikan pelayanan yang tidak disediakan oleh pesaing Anda. Sebab dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki pesaing, maka peluang Anda untuk memenangkan pasar semakin terbuka.
  • Menawarkan harga yang bersaing. Memberikan harga yang bersaing, bukan berarti Anda harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha Anda. Strategi ini bisa Anda lakukan dengan cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila pesaing Anda menjual produk dengan harga yang lebih murah, maka untuk menghadapinya Anda bisa menawarkan bonus “beli 2 gratis 1”. Jadi harga produk Anda masih bisa bersaing, tanpa harus menurunkan harga dengan drastis.
  • Buatlah event untuk mempromosikan produk Anda. Cara ini masih sering digunakan para pelaku usaha, karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Lihat saja event diskon besar-besaran sepatu dan sandal merek crocs, yang tahun 2010 ini berhasil membuat salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta penuh antrian konsumen.
Semoga beberapa tips diatas, dapat membantu menghadapi persaingan pasar yang selama ini menjadi problem usaha Anda. Selalu lakukan inovasi untuk menciptakan strategi pemasaran bagi bisnis Anda. Selamat mencoba dan salam sukses.
 
Sumber : bisnisukm.com
6/26/2011 09:45:00 AM | 33 komentar | Read More

Pentingkah Strategi Promosi Sebuah Produk?

Written By Unknown on Saturday, June 25, 2011 | 6/25/2011 02:15:00 AM


Jika ada pertanyaan “ Pentingkah strategi promosi sebuah produk? ”  dapat dijawab dengan jelas bahwa strategi promosi sangat penting bagi penjualan sebuah produk.
Kegiatan promosi bisnis merupakan bagian dari strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan sebuah usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah berkembang besar. Sebelum mengetahui metode ataupun strategi promosi yang sering digunakan para pelaku bisnis, yang dimaksud dengan promosi adalah  kegiatan pendukung strategi pemasaran yang sengaja diadakan untuk mengingatkan para konsumen mengenai produk atau jasa dengan brand tertentu.

Strategi promosi sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan.

Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :
  1. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
  2. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
  3. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian  produk hingga sampai ke konsumen
  4. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
  5. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen
  6. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
  7. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi
Untuk memperoleh manfaat dari strategi promosi, tidaklah mudah. Karena diperlukan beberapa kegiatan promosi yang dapat mendukungnya, kegiatan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Iklan ( Advertising )
Layanan iklan dapat mengenalkan produk kita kepada para konsumen, selain itu juga dapat membantu pembentukan image produk yang kita tawarkan. Sebaiknya gunakan iklan yang menarik dan mudah dimengerti oleh para konsumen. Iklan bisa melalui media massa ataupun media elektronik, misalnya dengan mengiklankan produk kita melalui televisi atau melalui majalah. Kemudahan promosi melalui iklan juga dapat dirasakan, dengan memasang iklan melalui media online yang lebih murah bahkan lebih sering gratis bila memasang iklan baris di beberapa website tertentu.

2. Promosi penjualan ( Sales Promotion )
Adanya promosi penjualan dapat membantu meningkatkan penjualan dalam jangka waktu pendek, biasanya hanya selama kegiatan tersebut diselenggarakan. Promosi penjualan dapat dilakukan dengan cara memberikan hadiah gratis setiap pembelian produk dengan jumlah tertentu, memberikan sampel produk gratis kepada para konsumen untuk menarik minat mereka akan produk yang kita tawarkan, sehingga mendorong para konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan.

3. Penjualan perorangan ( Personal Selling )
Penjualan perorangan bertujuan untuk memberikan keyakinan dan pengenalan produk yang lebih dalam kepada para konsumen. Jadi para konsumen memperoleh informasi produk lebih detail, sedangkan para pelaku usaha juga dapat mengetahui respon para konsumen secara langsung.

4. Hubungan masyarakat (  Public Relations )
Setelah image produk tertanam di hati para konsumen, hal penting yang harus dijaga adalah hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan. Hal itu untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan para konsumen untuk produk kita, dan untuk melindungi image perusahaan ataupun produk.
Dari pembahasan yang ada, dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi membantu perusahaan untuk menginformasikan suatu produk pada peluang pasar . Produk yang berkualitas pun akan sulit laku, jika tidak menggunakan kegiatan promosi yang dapat mengenalkan produk tersebut kepada para konsumen. Tentukan strategi promosi yang tepat bagi usaha Anda. Salam sukses.

bisnisukm.com
6/25/2011 02:15:00 AM | 0 komentar | Read More

SWOT Kunci Kesuksesan Produk Anda

Written By Unknown on Tuesday, June 21, 2011 | 6/21/2011 12:14:00 AM


Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran, ada baiknya jika Anda mengetahui kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran produk Anda. Sebab tanpa informasi tersebut, Anda tidak dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar yang ada, minat pasar akan produk Anda, apa saja peluang pasar yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk, serta tingginya tingkat persaingan pasar saat ini. Maka dari itu, adanya analisa produk sangat penting untuk dilakukan sebelum Anda menawarkan produk tersebut.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisa produk yaitu metode analisis SWOT. Metode ini menganalisa dengan menggunakan dua faktor penting, yaitu faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan. Serta faktor eksternal yang terdiri dari kesempatan dan ancaman. Cara ini menjadi salah satu kunci bagi para pengusaha untuk mengetahui potensi produk mereka, sebelum akhirnya mereka menentukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk produknya.
Beberapa faktor SWOT yang dapat digunakan untuk menganalisa sebuah produk antara lain :

1. Kekuatan (Strengths)
Kekuatan yang mendukung pemasaran produk antara lain kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tampilan kemasan produk yang menarik,  harga yang bersaing, serta pencantuman merek pada produk. Selain itu support dari team maupun manajemen, serta  dukungan teknologi  untuk memproduksi produk, juga menjadi kekuatan Anda untuk menciptakan produk yang berkualitas dan mampu bersaing.

2. Kelemahan (Weakness)
Selain kekuatan, faktor internal lainnya yang dilakukan dalam analisis SWOT yaitu dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki produk tersebut. Misalnya saja seperti ketahanan masa expired produk, kegiatan promosi yang belum optimal, proses produksi dan distribusi produk yang cukup lama, kemampuan SDM yang masih kurang, atau kurangnya minat masyarakat akan produk tersebut.

3. Peluang (Opportunities)
Peluang yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk yaitu, berbagai media massa yang dapat digunakan sebagai media  iklan, adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan UKM dengan mengadakan berbagai event untuk usaha kecil menengah, serta kondisi masyarakat yang semakin konsumtif.  Sehingga mempermudah pelaku usaha untuk memasarkan produknya.

4. Ancaman (Threats)
Yang keempat yaitu adanya ancaman dari pihak luar. Seperti jumlah kompetitor yang terus meningkat, munculnya produk baru yang lebih unggul, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas, serta beberapa ancaman lainnya.

Dengan mengetahui hasil analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada produk yang Anda ciptakan, selanjutnya Anda dapat menentukan strategi apa yang paling tepat untuk meningkatkan pemasaran produk. Semoga informasi “SWOT kunci kesuksesan produk Anda” bisa bermanfaat bagi kita semua.

Salam sukses.

http://bisnisukm.com/
6/21/2011 12:14:00 AM | 0 komentar | Read More

3 Ciri Entrepreneur Menurut Ciputra

Written By Unknown on Sunday, June 19, 2011 | 6/19/2011 11:56:00 PM

Pertama, 
Seorang entrepreneur memiliki “mata” masa depan yang tajam. Mereka mampu melihat sebuah peluang bisnis yang tidak dilihat atau kurang diperhitungkan oleh orang lain. Ia melihat sebuah “visi” atau impian masa depan yang mencengangkan dan menggairahkan dirinya.


Kedua,
Seorang entrepreneur adalah seorang “innovator”, ia dapat menciptakan dan menemukan caranya sendiri untuk meraih visi besar itu. Saya simpulkan bahwa : “Seorang entrepreneur adalah seorang yang inovatif dan mampu mewujudkan cita-cita kreatifnya. Oleh karena itu, seorang entrepreneur akan mengubah padang ilalang menjadi kota baru, pembuangan sampah menjadi resort yang indah, kawasan kumuh menjadi pencakar langit tempat ribuan orang bekerja. Entrepreneur mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas.”

Ketiga, 
Seorang entrepreneur bersedia “memikul” resiko” baik itu resiko financial (resiko rugi) maupun resiko mental (dianggap gagal). Seorang entrepreneur sejati adalah seorang pelopor, seorang penjelajah sejati atau juga seorang pendaki gunung yang tidak pernah mendaki sebuah gunung untuk kedua kalinya. Mereka bermimipi, bersemangat, bergerak maju menyambut tantangan dan tidak gentar memikul resiko yang telah ia perhitungkan. Ringkasnya entrepreneur sejati berani rugi, berani malu dan juga berani terkenal.

Sumber : yea.co.id
6/19/2011 11:56:00 PM | 0 komentar | Read More

BISIKAN TENGAH MALAM

Written By Unknown on Thursday, June 16, 2011 | 6/16/2011 01:38:00 PM

OLEH : ROHSNA LA 'AFIYS

Tiba-tiba hati kalut. Gelisah yang menjajah semakin membawa raga kehilangan auranya. 
Pucat pasi laksana nasi basi.
Kaku bisu bagai mayat diinterogasi.
Daann............
Makin jauh jiwa rapuh ini tenggelam dalam lautan ketakutan yang memporandakan akal sehat.
Semangat hidup lantas tercerabut.
Kepahitan hidup sungguh menjerumuskanku dalam labirin masalah yang seolah tiada ujungnya.
Mental kelelahan tanpa asa,
Ragapun terkulai tiada daya,
Teronggok di pojok bagai mayat hidup yang tulang-tulangnya habis dirampok.
Tuhan............
Sungguh hanya padaMU terbetik tanya : 
                                                               "Aku harus bagaimana?"
*********
Kawan, tenanglah. Masih ada waktu untuk berbaik sangka.
Cerita tadi terjadi sehari yang lalu.
Dan kini, aku telah di sini. Kembali tersenyum menapaki jejak-jejak takdir dalam lembar kisah yang baru.
Bukan kemarin atau esok hari, 
...........TAPI ...........
Sekarang,
Hari ini,
Saat ini.
Masih jelas kuingat, kemarin...... kala senja menenggelamkan Sang Surya.
Dan gelap yang merayap makin kelam dalam selimut malam.
Kawan,
Kau lihat bukan. Langit yang menudungiku berhias bermilyar bintang! 
Menyembul diantaranya, rembulan purnama menebar pesona seolah seorang ratu yang bertahta di singgasana. Cantik luar biasa. Sungguh karya Maha Sempurna.
Heemm......
Aku jadi malu kala dilempar sebuah tanya :
                     "Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan ?"

Namun,
Angin barat laut tiba-tiba datang tanpa diundang.
Menyorong gemawan yang membawa kabar muram. Langit yang semula cerah tentu saja berubah.
Dengan terburu-buru menjadi kelabu, dan sekejap kemudian berubah hitam.
Gelap tiada tandingan.

Kawan........
Aku tergugu dalam kebutaan yang sempurna.
Bagaimana ini ? Sebentar lagi pasti hujan menyerang. Menembakkan bermilyar peluru-peluru air.
Sebanyak gemintang yang bertabur sekian menit yang lalu.
Dan aku, hanya makhluk yang tak punya daya merubah keadaan.
Karena hal itu adalah hak prerogratif Sang Maha Perkasa untuk berkehendak.
Oh Alloh Tuhanku,
Kuatkan dan mampukan aku. Kepada siapa daku mengadu kalau bukan padaMU ?
*********
Nah, benar bukan ?
Sekilat cahaya mengoyak gulita. Dicambukkan bertubi-tubi. Lidah api menjalar ke kanan dan ke kiri.
Disusul gelegar guntur yang menciutkan nyali.
Sedang rintik lembut yang semula datang membelai-belai,
Kini dengan kasar berubah menampar-nampar.
Mereka...... kelam malam, kilat, guntur, dan hujan berkolaborasi menyerbu bumi.
Bagai serombongan brigade ksatrya yang bertugas menumpas pengkhianat abadi.

Apa daya kawan,
Dalam sendiri, dihimpit prahara begini......
Kepala, pundak, lutut dan kaki tak mampu lagi menyangga hati.
Ya.... Hatiku yang mulai bertunas dan berseri setelah sekian lama beku dan mati suri, kini
didera ujian lagi.
Kenapa keadaan begitu memusuhiku ?
Baru sebentar saja gemintang dan rembulan itu menghiburku,
Aku dipaksa merana lagi.

Kawan,
Dalam kekalutan aku berteriak histeris,
Seumpama remaja tanggung yang dicabuti bulu-bulu kakinya.
Bukan...... bukan untuk didengar.
Namun aku sedang memberontak !
Tepatnya pemberontakan kepada nasib buruk.
Ya....... aku bosan berada dalam keterpurukan karena
ditelikung oleh bayanganku sendiri.

Pertama,
Bayangan memori tentang masa lalu yang berdebu.
Memberati tangan dan kakiku dengan rantai rasa bersalah yang membuat nyeri.

Kedua,
Bayangan akan masa depan yang tak tentu.
Mengoyak mentalku dengan pisau ketakutan yang misterius.

Sungguh......
Keduanya telah bersekutu memusuhiku.
Memenuhi rongga dada dengan hasutan-hasutan yang menggerogoti dan melemahkan akal sehat.

*********
 
Waktu yang seakan abadi bertengger di puncak gulita,
akhirnya bergulir lembut melewati sepertiga malam nan sunyi.
Baru sekian menit kantuk mengistirahatkanku, aku
dibangunkan oleh suara yang membisikan sebuah kalimat suci.

Ooiiii..... ternyata aku tidak sendiri !
Namun siapa gerangan Sang Pembisik itu ? Lelakikah ? Perempuankah ??
Dan kenapa pula hanya suara tanpa wujud ? 
Datang tanpa diundang, membisikkan kalimat yang dihunjamkan ke dalam dada lalu
pergi begitu saja tanpa aku bisa menahannya.
Pembisik misterius, pesan misterius.

Berdegup hatiku, heran fikirku,
Aku memang mengenal kalimat itu, namun tak lazim mengucapkannya.
Dengan aneh bibirku lirih mengulang-ulangnya,
                    FAIDZA AZZAMTA FATAWWAKAL  'ALALLAH....
                    FAIDZA AZZAMTA FATAWWAKAL  'ALALLAH......
                    FAIDZA AZZAMTA FATAWWAKAL  'ALALLAH.........
 (Jika kamu sudah membulatkan tekad maka bertawakallah kepada Alloh. 3:159)
 
*********
 
Kawan, itulah kisah kemarin senja hingga subuh ini. Dan aku telah di sini............
Sekarang,
Hari ini,
Saat ini.
Melepaskan belenggu masa lalu,
Membuang ketakutan akan masa depan yang tak tentu,
Menjalani detik demi detik masa kini yang terus melaju,
Dengan tekad yang membulat, dengan semangat yang baru.

"S umunaring suryo 
U tamining cahyo 
G umregah jiwo rogo 
I khtiar lan ndedonga 
Y ekti mring Gusti 
A karyaning jagad 
R inakit sabar lan tawakal 
T uhu satemah sumingkir 
O mbaking gudho rencono."

(Bersinarnya Sang Surya yang merupakan sumber cahaya, membuat jiwa raga bersemangat kembali, dengan ikhtiar dan doa hanya kepada Tuhan Sang Maha Pencipta semesta raya, Dirangkai dengan kesabaran dan tawakal, maka segala rintangan akan menyingkir selama-lamanya.)

>> ROHSNA LA 'AFIYS
Kapal Nuh, 
11 Juni 2011
16.55 WIB
6/16/2011 01:38:00 PM | 0 komentar | Read More

Strategi Pemasaran bagi Produk Baru

Written By Unknown on Wednesday, June 15, 2011 | 6/15/2011 06:54:00 PM

Memasarkan produk baru memang tidak mudah, apalagi jika produk tersebut belum dikenal masyarakat. Dibutuhkan modal atau biaya pemasaran yang cukup besar, serta perjuangan dan strategi pemasaran khusus agar produk tersebut mengena dihati konsumen.Selain bagaimana caranya menarik minat konsumen, para pemula juga harus menghadapi persaingan bisnis dari pengusaha lain yang telah memasarkan produk terlebih dulu.
Hal ini menjadi tantangan yang cukup besar, bagi para pelaku usaha. Sebab untuk berhasil memasuki sebuah pasar, mereka harus memiliki strategi untuk menarik minat konsumen. Sebaiknya ciptakan produk yang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan produk lainnya. Sehingga konsumen bisa tertarik dan mengenali produk baru yang Anda tawarkan.
Disamping menciptakan produk yang lebih unggul, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengenalkan konsumen pada produk baru, antara lain sebagai berikut :
  • Lakukan riset pasar, untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar sebuah produk. Jika hasil penelitian menunjukan hasil yang cukup positif, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasarkan produk baru tersebut. Namun bila riset menunjukan kurangnya minat dari konsumen, sebaiknya lakukan evaluasi dan berikan nilai lebih pada produk Anda. Sehingga produk tersebut mudah diterima oleh pasar.
  • Jeli terhadap kebutuhan konsumen. Mencoba pasar baru dengan menawarkan produk yang dibutuhkan konsumen, merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh untuk menarik minat konsumen. Karena dengan adanya kebutuhan tersebut, daya beli konsumen akan semakin meningkat. Termasuk daya beli terhadap produk baru yang memberikan solusi untuk masalah mereka.
  • Buat kegiatan promosi yang efektif. Kegiatan promosi menjadi hal yang sangat penting untuk mengenalkan produk baru, setidaknya perhatikan faktor pendukung STP (segmentation, targeting, positioning)  dan marketing mix (produk, price, place dan promotion). Ini dimaksudkan agar kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Strategi promosi yang dapat dilakukan antara lain menjaga kualitas produk, menawarkan harga yang bersaing, memilih lokasi usaha yang strategis, memberikan bonus atau potongan harga pada saat launching produk.
  • Selanjutnya berikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen. Karena pelayanan yang baik, menjadi salah satu faktor pendukung untuk menciptakan produk yang berkualitas. Semakin baik pelayanan yang Anda berikan, maka semakin luas pula pasar Anda. Begitu juga sebaliknya jika pelayanan yang Anda berikan buruk, konsumen pun akan begitu cepat meninggalkan produk Anda.
Strategi pemasaran bagi produk baru, juga berpengaruh besar terhadap penjualan produk. Sebab kesan pertama yang diperoleh konsumen dari sebuah produk baru, akan menentukan penilaian mereka terhadap image produk tersebut. Demikian informasi pemasaran bisnis untuk pekan ini, semoga dapat bermanfaat dan salam sukses.
http://bisnisukm.com/
6/15/2011 06:54:00 PM | 0 komentar | Read More

Karakteristik Menjadi Pengusaha Sukses

Written By Unknown on Sunday, June 12, 2011 | 6/12/2011 11:48:00 PM

karakteristik-pengusaha-sukses1.    Kemampuan untuk mengembangkan fokus yang jelas.
Anda harus tahu betul apa yang membuat usaha Anda berbeda dari para pesaing. Kembangkan sebuah visi dan laksanakan, jangan beralih dari satu ide ke ide yang lain. Banyak pengusaha gagal karena mereka merasa bahwa ide baru yang mereka temukan lebih menarik daripada yang mereka jalankan sekarang.

2.    Harapan yang realistis.
Jika Anda melakukan diet dan berharap bisa menurunkan berat badan lima kilo pe rminggu, Anda pasti akan kecewa dan menyerah. Jika tujuan Anda lebih realistis, kemungkinan besar Anda akan tetap berpegang padanya dan berhasil. Sangat jarang ada orang yang “kaya mendadak”.

3.    Kemauan untuk membuat rencana.
Para pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan rencana yang jelas untuk meraihnya. Mereka mempelajari pasar, persaingan, dan mekanismenya, serta bersedia mempelajari sungguh-sungguh semua kendala yang mungkin akan dihadapi.

4.    Fleksibilitas dan adaptabilitas.
Selain membutuhkan rencana dan fokus yang jelas, Anda juga perlu memiliki fleksibilitas dalam menanggapi perubahan situasi. Dalam bisnis, dan juga hidup, segalanya berubah, dan masalah pasti ada.

5.    Kemampuan untuk mengatasi kekhawatiran karena harus menjual.
Dalam artian tertentu, semua pengusaha adalah penjual. Anda tidak boleh takut berhadapan dengan konsumen, memotivasi pegawai, dan menjalin hubungan baik dengan pemasok. Anda tidak harus punya keahlian tersebut saat memulai usaha, tetapi Anda harus mempelajarinya agar usaha Anda tetap berjalan.

6.    Bersedia bekerja keras.
Tidak ada jalan pintas disini; menjalankan usaha berarti bekerja keras sepanjang waktu.

7.    Tujuan pribadi yang jelas.
Kita semua punya keinginan yang berbeda-beda. Kita ingin punya banyak uang dan sekaligus sudah berada di rumah saat anak-anak pulang sekolah. Kita ingin mengontrol semua kegiatan tetapi produk dan jasa yang kita hasilkan sangat beragam. Tujuan-tujuan tersebut jelas saling bertentangan satu sama lain. Untuk mencapai keberhasilan, Anda harus fokus pada apa yang benar-benar penting bagi Anda dan apa yang dapat Anda capai.

8.    Pengalaman.
Anda tidak perlu berpengalaman sebagai manajer sebuah perusahaan mobil untuk memulai bisnis mobil bekas, tetapi Anda harus punya pengalaman dalam bidang terkait atau pengalaman dalam menerapkan kemampuan yang Anda miliki sebagai manajer, sebelum mengawali suatu usaha.

Sumber :
- THE OWNER’S MANUAL for small business , Rhonda Abrams
- http://bisnisukm.com/
6/12/2011 11:48:00 PM | 0 komentar | Read More

18 Strategi Promosi Cerdas

Written By Unknown on Saturday, June 11, 2011 | 6/11/2011 02:01:00 AM

Produsen sebuah produk baik barang atau jasa, membutuhkan strategi promosi yang tepat untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Strategi promosi produk sangat dibutuhkan. Karena tanpa adanya kegiatan promosi, sebuah produk tidak akan dikenal masyarakat. Makanya para pengusaha saling berlomba menggunakan berbagai strategi untuk mempromosikan produk mereka, guna memperoleh perhatian dari masyarakat.Kegiatan promosi produk, tidak selamanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas sekalipun, kegiatan promosi produk juga dapat dilakukan. Yang terpenting adalah kreatifitas Anda untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir dana. Namun tetap perlu diingat, promosi dengan dana yang optimal, tentu akan menghasilkan respon pasar yang lebih optimal.  Oleh sebab itu, sebagai tambahan informasi, berikut kami informasikan 18 strategi promosi cerdas, bahkan nyaris tanpa biaya sedikitpun.
1. Menyusun daftar rencana promosi
Pertama, susunlah rencana promosi untuk menarik konsumen,  mulai dari tujuan promosi, target pasar,  nilai lebih produk yang akan ditawarkan, besaran anggaran dana yang digunakan, serta buatlah daftar kegiatan promosi untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen.
2. Tentukan konsep promosi sebelum memulai usaha
Sebelum memulai usaha, cari tahu mengenai besarnya minat konsumen untuk menggunakan atau membeli produk Anda. Selanjutnya tentukan konsep promosi yang diinginkan, bila perlu tambahkan logo atau slogan khusus pada produk agar konsumen ingat dengan produk maupun bisnis Anda.
3. Pilih sasaran pasar yang tepat
Jika anggaran terbatas, sebaiknya fokuskan target pasar produk Anda kepada suatu komunitas atau kelompok tertentu yang memiliki kebutuhan sesuai dengan produk Anda. Bila produk Anda sudah tersebar dan dikenal masyarakat, Anda dapat memperluas sasaran pasar.
4. Fokus kepada pelanggan
Bantu konsumen untuk menyelesaikan masalah mereka, jadi yakinkan pelanggan dengan memberikan informasi bagaimana produk Anda bermanfaat untuk mereka.
5. Penuhi permintaan pelanggan
Konsumen merupakan orang yang paling tahu kebutuhan apa yang mereka inginkan, oleh karena itu dengarkan permintaan mereka dan penuhi dengan menciptakan produk yang diinginkan konsumen. Agar produk yang Anda ciptakan sesuai dengan permintaan konsumen saat ini.
6. Berikan informasi gratis
Berikan informasi gratis yang berhubungan dengan produk Anda, misalnya dengan memberikan brosur, surat, atau menyajikan website yang memberikan informasi gratis dengan berita up to date, bila perlu kirimkan sms untuk menginformasikan promosi terbaru dari produk Anda.
7. Gunakanan online marketing
Promosi bisa dilakukan dengan mengirimkan email kepada para pelanggan sebagai bentuk  berkomunikasi. Bisa juga dengan membuat grup melalui facebook atau twitter, sehingga konsumen mengetahui informasi produk Anda melalui internet, yang dapat menjangkau konsumen lokal maupun internasional.
8. Manfaatkan relasi media
Usahakan agar bisnis Anda dimuat dimedia massa atau elektronik, sehingga informasi bisnis tersebut dapat tersebar luas dengan gratis. Terutama bagi usaha kecil menengah, banyak media yang ingin meliputnya. Perluas jaringan Anda dengan mencari relasi media yang bisa diajak kerjasama untuk mempromosikan bisnis Anda.
9. Masuklah ke dalam komunitas
Media komunitas menjadi pilihan tepat bagi usaha kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas, untuk mempromosikan produknya. Jika Anda menjual pada komunitas yang sering Anda ikuti, maka tidak diperlukan lagi biaya iklan.
10. Memasang papan iklan
Papan iklan di lokasi strategis, merupakan alat promosi yang bagus. Karena mudah dilihat dan dibaca orang yang melewati lokasi tersebut.
11. Lakukan hal kecil yang berdampak besar
Hal kecil seperti memberi senyuman, salam, kamar mandi yang bersih, mengangkat telepon pada dering ketiga, kartu nama yang menarik, serta kebersihan lokasi usaha Anda ternyata mempengaruhi image konsumen terhadap bisnis dan produk yang Anda tawarkan.
12. Berikan hadiah untuk konsumen
Tidak perlu hadiah mahal, hadiah seperti pengiriman gratis, atau softdrink gratis, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang menggunakan produk Anda. Sehingga mereka tidak segan untuk kembali menggunakan produk Anda.
13. Gunakan strategi word of mouth
Promosi paling efektif adalah pemasaran melalui mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi yang mengena pada konsumen, mereka akan meneruskan informasi tersebut kepada orang lain. Sehingga informasi produk Anda tersebar di kalangan masyarakat.
14. Hindari meniru produk ternama
Hindari pengunaan strategi promosi yang sudah sering digunakan untuk produk lainnya. Usahakan cari strategi yang belum pernah digunakan dan memicu rasa penasaran konsumen untuk membeli produk tersebut.
15. Jangan menganggap pesaing sebagai musuh
Selain memberikan dampak negatif, bersaing dengan competitor hanya akan menghabiskan banyak biaya dan hanya akan menjadi persaingan harga . Sehingga konsumen akan berpindah ke produk lain yang harganya stabil.
16. Promosi silang (Cross-promote)
Masukan promosi produk terbaru Anda yang siap dilaunching, pada setiap kegiatan promosi yang Anda lakukan. Sehingga dalam satu kali kegiatan promosi, bisa menginformasikan produk yang Anda miliki semaksimal mungkin.
17. Iklan alternatif akhir
Iklan bukan strategi pokok dalam pemasaran, karena biasanya memakan banyak biaya. Bila dana terbatas, usahakan untuk memilih tempat iklan yang tepat pada sasaran Anda. Agar biaya yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.
18. Menunggu hasil
Yang terakhir sabar menunggu hasil, karena penjualan merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Jadi tidak bisa langsung memberikan hasil saat promosi berlangsung, hasilnya baru terlihat setelah promosi selesai. Beri waktu bagi konsumen untuk menilai produk Anda, dan biarkan waktu yang bekerja untuk menjualkan produk Anda.
Demikian informasi pemasaran bisnis kami pekan ini, semoga informasi tersebut bermanfaat. Salam sukses.
(Sumber : Majalah Ide Bisnis Edisi 06/November 2010)
6/11/2011 02:01:00 AM | 0 komentar | Read More

Sukses Menjadi Pengusaha Dengan Mental Juara

Written By Unknown on Friday, June 10, 2011 | 6/10/2011 10:48:00 AM

Setiap pengusaha tentu menginginkan bisnis yang ditekuninya bisa meraih sukses. Namun sayangnya tidak semua pengusaha memiliki mental juara untuk mewujudkan impian mereka. Banyak pengusaha yang menyerah ditengah jalan sebelum mereka mencapai kesuksesan yang diimpikannya. Hal inilah yang membedakan antara pengusaha satu dan yang lainnya, sehingga sebagian pengusaha mampu berhasil meraih sukses, dan sebagian lagi masih berada pada posisi yang sama tanpa ada perkembangan pasti.Oleh karena itu, mental juara harus dimiliki oleh setiap pengusaha jika ingin meraih sukses. Sebab kesuksesan tidak dapat diraih secara instan atau otomatis, butuh perjuangan keras untuk dapat menghadapi segala rintangan dan persaingan yang cukup ketat dari kompetitor bisnis lainnya. Karena itu pula mental juara perlu ditanamkan sejak dini pada semua kalangan masyarakat. Agar calon pengusaha yang ada di Indonesia memiliki mental kuat dan tahan banting menghadapi segala tantangan.
Berikut kami informasikan beberapa tips  bagaimana menanamkan mental juara pada pribadi Anda :

Percaya Diri
Modal utama para juara sejati adalah percaya diri. Yakinkan diri Anda bahwa segala hambatan dan rintangan dapat Anda selesaikan dengan baik. Percaya pada kemampuan yang Anda miliki akan mengantarkan diri Anda berani melangkah dengan cara yang baik untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula.

 mental juaraHargai Proses Bukan Hanya Hasil
Yang terpenting bukanlah kemenangannya, namun bagaimana proses yang kita jalankan untuk mencapainya. Sebab dalam sebuah proses terdapat banyak pembelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya untuk bekal di masa datang. Sehingga kita lebih siap dalam menghadapi segala tantangan.

Motivasi Diri Untuk Meraih Mimpi

Sang juara selalu memiliki mimpi besar. Tidak hanya bercita-cita untuk memenangkan sebuah persaingan saja, namun juga memiliki mimpi untuk bisa menjadi juara sejati bagi dirinya maupun lingkungan di sekitarnya. Jadi, tentukan mimpi besar Anda dari sekarang! Karena semakin besar mimpi yang Anda tentukan maka semakin besar pula semangat yang Anda miliki untuk  dapat melangkah ke depan.

Berani Menerima Kekalahan
Setiap pengusaha pastinya pernah mengalami kegagalan ataupun kerugian dalam menjalankan usahanya. Namun sebagai pengusaha yang bermental juara, Anda tidak perlu berlama-lama larut dalam kegagalan tersebut. Hadapi, hayati dan nikmati kegagalan yang Anda alami, serta ambilah pelajaran besar dari kegagalan yang ada untuk memperoleh hasil yang lebih baik kedepannya.

Sukses menjadi pengusaha dengan mental juara kini tidak hanya menjadi isapan jempol belaka. Dengan bermental juara Anda memiliki kesempatan meraih kesuksesan yang lebih besar dibandingkan orang-orang yang bermental lemah dan mudah menyerah. Mulai sekarang  jadilah juara bagi diri Anda, dan berikan manfaat pada sekitar Anda. Selamat berkarya, dan semoga kesuksesan selalu menyertai usaha kita. Salam sukses.

Sumber : http://bisnisukm.com/
6/10/2011 10:48:00 AM | 0 komentar | Read More

Jadikan Dosa sebagai bahan bakar meraih Cinta Allah

Written By Unknown on Wednesday, June 8, 2011 | 6/08/2011 10:55:00 AM

Terkadang sebagian orang berfikir ketika dosa yang dilakukannya sangat banyak, maka mereka menjadikan dirinya "hopeless" (tidak ada harapan/putus asa akan ampunan Allah), padahal Allah akan mengampuni siapapun yang mau bertobat kepadaNya.

Setiap orang pasti memiliki kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat, baik itu sengaja maupun tidak sengaja. Akan tetapi jangan biarkan syetan mengambil kesempatan itu untuk menjadikan dosa kita bertambah besar. Sebaliknya, kita harus menjadikan dosa yang pernah kita perbuat menjadi bahan bakar agar dapat meraih cinta Allah sebanyak-banyaknya.

Sebelum kita membahas lebih dalam, kita harus mengetahui strategi dari musuh abadi kita yaitu syetan. Layaknya manusia syetan juga memiliki visi dan misi dalam kehidupan, visi syetan adalah memperbudak manusia sedangkan misinya adalah mengkondisikan agar manusia lupa akan aturan Allah. Lalu apa strategi syetan dalam menjalankan visi dan misinya?

Pertama, Waswasah yaitu membisikan keraguan ketika melakukan kebaikan atau amal shaleh. Pernah ngga teman-teman ikhwan wal akhwat sekalian ketika mau melakukan ibadah seperti ada yang membisikan sesuatu yang membuat kita menjadi ragu?misalnya ketika kita selesai berwudhu serasa ada yang terlewat dalam wudhu?nah hati-hati bisa jadi itu merupakan waswasah.

Kedua, Tazyin yaitu membungkus kemaksiatan dengan kenikmatan
"Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka" (Q.S Al Hijr [15]: 39-40). Ketika kita telah melakukan dosa, syetan membungkus kemaksiatan dengan kenikmatan sehingga kita ketagihan untuk melakukannya lagi.

Ketiga, memperdayakan manusia dengan khayalan dan angan-angan
"dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya." Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka"(Q.S An Nisaa [4]: 119-120)

Keempat, A'dawah yaitu permusuhan, syetan berusaha menumbuhkan permusuhan di antara manusia
"Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). "(Q.S Al Maaidah [5]: 91)

Kelima, Takhwif yaitu menakut nakuti
"Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia[170]. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui." (Q.S Al Baqarah[2]: 268)

Keenam, Shaddun yaitu menghalang-halangi manusia untuk menyalahkan perintah Allah dengan berbagai taktik
"Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. Dan sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk. " (Q.S Az Zukhruf[43]: 36-37)

Ketujuh, Nisyan yaitu "lupa" maksudnya syetan mengkondisikan lupa dalam mengamalkan ajaran-ajaranNya
"Dan apabila kamu melihat orang-orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka sehingga mereka membicarakan pembicaraan yang lain. Dan jika syaitan menjadikan kamu lupa (akan larangan ini), maka janganlah kamu duduk bersama orang-orang yang zalim itu sesudah teringat (akan larangan itu)."(Q.S Al An'am[6]: 68)

Kedelapan, Wa'dun yaitu janji palsu.
Syetan berusaha membujuk manusia supaya mengikutinya ke jalan yang sesat dan memberikan janji-janji yang menggiurkan.

Demikianlah delapan strategi syetan dalam menjalankan visi dan misinya, gimana?apa kita sudah siap menghadapi strategi syetan tersebut?harus siap!! Ya, mungkin kita pernah masuk dalam perangkap syetan sehingga kita memiliki dosa yang kita sadari maupun tidak, akan tetapi jangan jadikan dosa itu menjadi sebuah jalan dalam melakukan dosa lainnya. Misalnya sepasang kekasih yang dimabuk cinta kemudian melakukan zinah, lalu hamil dan karena malu lalu membunuh bayinya, lalu menjadi kebohongan kepada dirinya, keluarga dan lainnya. Bukankah itu suatu rangkaian dosa yang semakin lama semakin besar?itulah yang diinginkan oleh syetan.

Ketika kita menyadari kita telah melakukan suatu dosa, kita harus segera menyesalinya dan bertobat kepada Allah swt. Yakinlah bahwa Allah maha pengampun atas dosa-dosa yang telah kita perbuat. Dosa bisa menjadi bahan bakar untuk meraih cinta Allah, jadikan dosa yang telah kita perbuat sebagai motivasi agar kita lebih dekat kepadaNya, sebagai pengingat akan maha pemurah dan pengasihNya Allah.

Terkadang sebagian orang berfikir ketika dosa yang dilakukannya sangat banyak, maka mereka menjadikan dirinya "hopeless" (tidak ada harapan/putus asa akan ampunan Allah), padahal Allah akan mengampuni siapapun yang mau bertobat kepadaNya. Itu merupakan kekuatan untuk dapat menajadikan diri kita lebih baik dari sebelumnya. Ketika shalat, bercucuran air mata karena mengingat dosa-dosa yang telah dilakukan, ketika berdo'a keluar kata-kata indah nan ikhlas keluar dari hati kita yang memohon ampunanNya, ketika bertutur dan bersikap akan lebih hati-hati karena teringat akan dosa yang telah dilakukan. Menjadikan hati rindu kepada Allah, menjadikan hati lebih bersyukur, lebih bertaqarub kepada Allah, lebih cinta akan kasih sayangNya.

Meskipun kita telah melakukan laranganNya Allah tetap saja menyayangi kita, betapa mudah bagiNya ketika kita berbuat dosa lalu kita dibuat buta atau lumpuh, namun Allah tetap memberikan kenikmatan kepada kita, memberikan kita kesempatan untuk bertobat, memberikan kesempatan kita untuk ke syurgaNya. Maka sungguh jadikan dosa yang telah kita lakukan di masa lalu, menjadi bahan bakar kita untuk menjadi lebih baik, lebih beriman dan lebih bertaqwa kepadaNya. Jangan biarkan syetan dengan segala macam strateginya membuat kita lebih larut dalam lembah dosa yang dilaknat oleh Allah swt.

Sumber : http://www.percikaniman.org/
6/08/2011 10:55:00 AM | 0 komentar | Read More

Takalluf Politik

Written By Unknown on Tuesday, June 7, 2011 | 6/07/2011 05:54:00 PM

 OLEH : DR. DAUD RASYID,MA

Kata `takalluf’ berasal dari akar kata `ka-la-fa’ yang berarti beban.
Dari akar kata ini, berkembang menjadi `kallafa’ dan taklif (tugas),
selain berkembang menjadi
takallafa dan takalluf. Yang terakhir ini
dapat diartikan sebagai memaksakan diri untuk memikul kewajiban di
luar batas kemampuan. Di dalam Islam, takalluf tergolong sifat yang
tercela alias tak terpuji.

Takalluf berbeda dengan taklif yang berarti tugas. Taklif adalah
amanah yang dipikulkan oleh pihak yang lebih tinggi untuk dijalankan
sesuai dengan batas kemampuan. Biasanya yang menugaskan itu adalah
Syari’ (Allah SWT dan rasul-Nya), seperti shalat, shaum dan jihad.
Tidak kita dapatkan Syari’ membebankan kewajiban kepada manusia di
luar batas kemampuannya. Prinsip ini diterangkan Allah di dalam Al
Qur’an (QS. al-Baqarah: 286), dimana Allah tidak membebankan kepada
setiap diri kecuali sebatas kemampuannya.
Praktik takalluf tidak hanya tercela dalam soal-soal dunia, tapi juga
tercela dalam konteks beragama. Sebab sikap ini tergolong memaksakan
diri.Dalam konteks dunia pun demikian keadaannya. Kalau seorang hanya
mampu melakukan tiga pekerjaan, maka tidak boleh memaksakan empat atau
lima pekerjaan.

Jika persoalan ini kita tarik ke arena politik, maka masalahnya akan
lebih kompleks. Misalnya, seseorang atau partai berambisi untuk
merebut kekuasaan dalam pilkada, sementara ia tidak memiliki modal
yang cukup secara finansial untuk berlaga dalam perlombaan itu.
Kemudian orang itu menggaet calon lain yang bisa menutup kekurangannya.
Di sinilah muncul berbagai persoalan baru. Apakah orang yang digaet
ini mempunyai visi dan misi yang sama dengan orang itu atau hanya
seorang oportunis.

Dari politik melayani masyarakat, menjadi politik memanfaatkan
masyarakat. Pelayanan kepada masyarakat pun dilakukan dengan motivasi
untuk mendapatkan dukungan suara. Di sini sudah mulai menyentuh
wilayah akidah. Sulit memisahkan antara niat Lillahi Ta’ala dengan
niat mencari simpati pemilih. Padahal dalam melakukan suatu amal,
Allah tidak menerima niat yang mencampurkan keduanya.
Biasanya setelah terpilih, kedua figur itu tak bertahan lama untuk
sejalan. Masing-masing memilih jalannya sendiri-sendiri. Yang terjadi
kemudian adalah pecah kongsi. Kalaupun sejalan, maka di sana akan
terjadi banyak pergeseran cara berpikir dan menilai. Yang tadinya
sangat menjaga batas-batas halal-haram, sekarang sudah tidak
mempersoalkan itu lagi. Yang tadinya teriakan “itu haram” begitu
keras, maka teriakan itu sekarang sudah sayup-sayup hampir tak kedengaran.
Para anggota dikerahkan menghimpun dana sebanyak-banyaknya, tak peduli
dari manapun sumber dana itu didapat: dari koruptorkah, pengusaha
judikah, bandar narkobakah. Ambil saja uangnya, lalu konon katanya
untuk mendanai dakwah. La hawla wala quwwata illa billah. Kalau
pelakunya orang lain, perbuatan itu haram dan kotor. Tapi kalau
pelakunya kita, ia menjadi halal. Fiqh apakah ini? Inilah namanya fiqh
berdasarkan syahwat. Na’uzubillah.

Belum lagi kehidupan beberapa aktivis yang mendadak berubah menjadi
borjuis. Memiliki beberapa mobil mewah, perhiasan mewah, sementara
pekerjaan resmi sebagai wakil rakyat bisa dihitung berapa pemasukannya
yang halal dan logis. Lalu dari manakah sumbernya?
Perjuangan seperti ini tidak bakal direstui oleh Allah SWT dan mereka
ini tidak lagi pantas membawa-bawa nama dakwah.
Padahal Nabi saw jelas-jelas melarang sumber dana yang haram bagi
setiap aktivitas seorang Muslim, seperti hasil jual-beli anjing, hasil
perdukunan, dan upah pelacuran.

Pernahkah Rasul menggunakan dana dari kafir Quraisy dan musyrikin
lainnya untuk perjuangan Islam? Tak satu pun sumber yang menyebutkan
bahwa Nabi pernah menerima bantuan dari kaum kafir. Bahkan ketika
seorang musyrik menawarkan diri untuk ikut dalam sebuah jihad, Nabi
saw mengujinya, apakah Anda beriman kepada Allah? Nabi spontan
menolaknya dengan mengatakan, “Aku tak akan pernah meminta bantuan
kepada musyrik.” Kenapa sensitivitas terhadap halal dan haram ini
terus melemah?

Ini semua gara-gara melakukan tindakan takalluf dalam berpolitik. Apa
beratnya mengakui jika memang tidak punya dana untuk ikut pilkada?
Bersikaplah sebagai pemain pasif, pengontrol dan pemberi nasehat.
Tidak akan ada pihak yang menyalahkan sikap ini. Tetapi, jika memaksa
maju dengan segala keterbatasan, di ujung ia akan dinilai. Inilah
contoh orang-orang yang memaksakan dirinya.

Sabili No. 70 TH. XV, 6 Syawal 1428 H, hlm. 88-89.
6/07/2011 05:54:00 PM | 0 komentar | Read More

MENSYUKURI KEGAGALAN MENUJU KETAWAKALAN

OLEH : ROHSNA LA 'AFIYS

"Kegagalan demi kegagalan yang bertubi menghujaniku,
tak seperti kegagalanku kali ini.
Kawan..... 
Percayakah kalau kukatakan aku mensyukuri kegagalanku kali ini ?
Benar kawan, 
Kegagalan kali ini berasa madu, 1000 X MADU !
Mata pun berkaca-kaca. Namun ini adalah wujud ekspresi BAHAGIA.
Betapa aku semakin dewasa,
Betapa aku semakin memahamiNYA."
Begitulah........
Sahabat remajaku menutup kisah panjangnya tentang masalah klise anak ABG yang beranjak dewasa dengan begitu memesona,
...............Pemahaman tentangNYA................
Ah, anak sekecil itu,
................LUAR BIASA !

 ********

Kecewa saat harapan tak terwujud ?
               MANUSIAWI  
Kecewa kala ikhtiar tak berbuah ?
               LUMRAH
Atau putus asa ketika doa belum terjawab ?
               ITU BIASA TERJADI
Apakah kekecewaan dan putus asa bisa merubah kegagalan menjadi kesuksesan? Tentu tidak!
Lantas apa yang sebaiknya harus dilakukan? Hemmm....pertanyaan bagus kawan.
Memang bukan hal yang mudah. Karena setelah detik berganti dan kegagalan menjadi masa lalu yang terprasastikan, telah menunggu tugas berat untuk segera dihadapi dan diselesaikan dengan baik. Ialah menata hati agar pasrah dan ikhlas atas ujian kegagalan itu. Yang tak kalah penting adalah menurunkan ego yang mungkin telah membubung menuju langit dan memaksanya untuk berintrospeksi. Mengajak nurani berdiskusi tentang (lautan) hikmah yang terkandung dalam ujian kegagalan tersebut.
Adakah langkah yang kurang terarah ?
Adakah ucapan yang membuat sakit hati orang ?
Adakah prasangka buruk yang justru membuat diri sendiri terpuruk ?
Adakah riya dan ujub yang mengundang Alloh menurunkan teguran sebagai wujud cintaNYA ?
Adakah akhlak berinteraksi sosial kita yang tidak nyunah ?
Adakah ketidakikhlasan atas takdir NYA ?
Adakah ...........................

Kawan,
Bukankah pada hakekatnya kegagalan itu tiada? Karena yang ada hanyalah sukses yang tertunda ! Dan dalam penundaan itu terkandung pelajaran berharga melebihi harta sepenuh dunia.

Sementara Sang Maha Perkasa, mempunyai hak prerogratif untuk menyempitkan maupun melapangkan rejeki hambaNYA.
Dan di sinilah kita, hamba yang hina ini, dituntut untuk memahami sekaligus mengamalkan makna ayat FAIDZA AZZAMTA FATAWWAKKAL 'ALALLOH - Jika tekad telah bulat maka bertawakkal kepada Alloh saja kesudahannya. (Tentang ayat ini ada kisah menarik yang akan kuceritakan dalam artikel berikutnya).

Kawan,
Derajat tinggi seseorang bukan dilihat dari seberapa banyak hasil yang di dapat atas ikhtiarnya,
Namun derajat tinggi apalagi di sisi Alloh ta'ala lebih dinilai dari rentetan proses AWAL-TENGAH-AKHIR sebuah ikhtiar yang terkait satu sama lain dan membentuk sebuah hasil akhir.
Sudahkah cara dan penyikapan dalam berproses tersebut sesuai dengan petunjuk Nabi SAW ?
Yang tak kalah penting sebagaimana telah disinggung di muka adalah adanya pelajaran mahal yang tak ternilai oleh apapun dibalik setiap kegagalan.
Agar kita lebih berhati-hati dalam melangkah,
Agar kita lebih bijak dalam berkata-kata,
Agar kita lebih mengedepankan baik sangka (kepada diri sendiri,orang lain,keadaan,bahkan kepada Tuhan),
Agar kita lebih berendah hati kepada sesama,
Agar akhlak kita benar-benar merupakan cerminan akhlak Rasullulah tercinta, (Bukankah Rasul diutus untuk menyempurnakan akhlak?)
Agar apapun takdir Alloh atas kita mampu kita sikapi dengan ikhlas dan tawakal,
Agar.................

" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,
Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,
Yang menguasai di Hari Pembalasan,
Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan,
Tunjukilah kami jalan yang lurus,
(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri ni'mat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.
Amiin"

AL FATIHAH : 1-7


07 JUNI 2011
00.35 WIB
6/07/2011 12:37:00 AM | 0 komentar | Read More

Politik Islam

Written By Unknown on Friday, June 3, 2011 | 6/03/2011 11:16:00 AM

OLEH : DR. DAUD RASYID,MA

Politik Islam adalah aktifitas politik yang didasari oleh nilai/prinsip Islam, baik dari titik tolak (starting point),program, agenda, tujuan, sarana dan lainnya harus sesuai dengan petunjuk Islam. Oleh karenanya, di lapangan, politik Islam harus tampil beda dengan politik non Islam. Jika politik konvensional bisa menggunakan cara apa saja untuk mencapai tujuannya, maka politik Islam tidak boleh demikian. Ada variabel lain yang harus diperhatikan, seperti etika Islam, ketentuan hukum Islam dll.

Pada prinsipnya politik Islam bertujuan untuk menggoalkan syari'at Islam sebagai sumber hukum tertinggi dalam tata hukum Nasional. Semua hukum dan peraturan yang berlaku di negeri itu harus mengacu kepada sumber hukum tertinggi (syari'at). Tidak boleh bertentangan dengannya. Jika ada pertentangan, maka peraturan/undang-undang itu batal dengan sendirinya. Politik yang tidak mempunyai misi seperti ini, tidak dapat digolongkan sebagai politik Islam.Sebab, politik bertujuan untuk mendapatkan kekuasaan. Dan yang diperjuangkan politik Islam, adalah tegaknya kekuasaan Islam yang berfungsi sebagai alat untuk menjalankan syari'at Islam. Karena banyak hukum-hukum syari'at yang tak dapat terlaksana tanpa dukungan kekuasaan. Seluruh ketentuan Hudud (fix penalty) dan ketentuan Pidana Islam secara umum tak dapat dilaksanakan tanpa kekuasaan. Pernikahanpun demikian, keberadaan penguasa sangat dibutuhkan. Dalam hadits disebutkan, Penguasa (sulthan) adalah wali bagi perempuan yang tidak mempunyai wali. Demikian juga dengan aspek hukum lainnya, perdata, dagang, pemerintahan, dll. Soal urgensi kekuasaan tak dapat dipungkiri siapapun yang memahami syari'at Islam secara benar. Contohnya zakat, siapakah yang memiliki otoritas untuk memungut zakat dari kaum aghniya' (orang kaya), kalau bukan penguasa Islam? Selama ini perdebatan di tengah umat, apakah kekuasaan itu bagian Islam yang harus direbut dan diperjuangkan atau ia merupakan proses alamiah yang akan terwujud dengan sendirinya (dengan anugerah Allah Swt), tanpa diupayakan, setelahmana aqidah umat Islam menjadi kuat dan kokoh. Perdebatan itu tak kunjung berakhir, sehingga masing-masing kelompok umat mengambil jalan masing-masing sebagai kelanjutan dari idenya. Ada jama'ah Salafiyah, ada pula Ikhwan Muslimin (Mesir), Masyumi (Indonesia), PAS (Malaysia), Jemaat Islami (Pakistan), dll.

Kelompok Salafi, menolak ikut campur dalam setiap persoalan politik apapun. Mereka fokus melakukan dakwah meluruskan akidah umat dan membasmi apa yang mereka anggap sebagai bid'ah. Bahkan politik adalah bid'ah dalam penilaian mereka. Sementara Ikhwan, Jemaat Islami, PAS dan Masyumi melihat politik adalah bagian dari Islam yang harus diperjuangkan setelah dirampas oleh kekuatan penjajah yang menguasai negeri-negeri Islam. Tapi terlepas dari perbedaan itu, semua umat sepakat akan kewajiban menjalankan hukum Allah, selain mereka yang termasuk kaum sekuler. Persoalan yang juga tak kunjung selesai diperdebatkan, bisakah syari'at diperjuangkan melalui sistem demokrasi yang ada sekarang? Sebagian kalangan umat Islam, seperti Hizbut Tahrir dan lainnya, berpendapat tak perlu ikut dalam pertarungan politik yang diciptakan oleh barat, karena sistem ini adalah permainan belaka, yang tidak menguntungkan perjuangan Islam. Kekuatan sekuler tidak pernah berlaku jujur dalam percaturan politik. Setiap kali kekuatan Islam akan memenangkan pertarungan, mereka akan melakukan apa saja untuk menjegalnya sehingga akhirnya kekuatan politik Islam tidak bakal pernah menuai kemenangan untuk berkuasa. Sebagai bukti, perjuangan politik Islam di Aljazair, kendatipun meraih suara terbesar dalam pemilu, tetapi akhirnya hasil pemilu dibekukan. FIS akhirnya gagal berkuasa. Di Turki, kekuatan politik Islam menang dalam pemilu, tetapi akhirnya militer melakukan intervensi, sehingga pihak Islam gagal berkuasa. Belajar dari pengalaman itu, beberapa kalangan Islam menganggap perjuangan politik dengan jalur demokrasi barat adalah pekerjaan sia-sia yang menghabiskan energi, waktu dan dana. Karena barat dan antek-anteknya tidak akan mendiamkan politik Islam untuk berkuasa. Mereka akan merongrongnya dengan menggunakan tangan militer, bila kekuatan sipil tidak mampu menghambatnya.

Sementara pihak lain menganggap bahwa sistem demokrasi ini masih memberikan celah bagi tegaknya kekuasaan Islam kembali. Oleh karenanya sistem ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin, sebab jika tidak, ia akan dipakai oleh musuh Islam untuk memukul kekuatan Islam.
Di Indonesia, belum pernah kekuatan politik Islam berhasil memegang kekuasaan tertinggi. Masyumi pernah menjadi partai besar meraih 20% suara, dan M.Natsir, tokohnya, menduduki jabatan sebagai Perdana Menteri Pertama RI. Namun perjuangan menegakkan syari'at oleh Masyumi secara all-out hanya sampai pada Piagam Jakarta, yang ujungnya juga gagal dilaksanakan,karena persekongkolan kaum sekuler. Lalu di era reformasi ini, belum kelihatan tanda-tanda penerapan syari'ah, karena perjuangan parpol-parpol Islam juga tampaknya setengah hati. Ada juga yang malu-malu menggunakan kata syari'at, karena takut dicap 'teroris'. Mereka lupa bahwa perjuangan menegakkan syari'at jauh sebelum lahirnya cap 'terorisme'. Dan kendatipun mereka mencari istilah lain (bukan kata 'syari'at'), bukan berarti mereka aman dari kejaran musuh-musuh Islam. Pertarungan antara kubu al-haq dan kubu al-batil tak kunjung berhenti, walaupun dengan merubah jargon-jargon yang sudah ada. 

Kegagalan dalam memperjuangkan syari'at di tingkat Nasional, memaksa untuk mengalihkan perjuangan ke kawasan yang lebih sempit, pada tingkat kabupaten/kota. Ada sejumlah kabupaten yang berhasil menelurkan perda-perda yang bernuansa syari'at, karena usaha keras dari kepala wilayah setempat dan didukung oleh DPR Daerahnya. Ada kabupaten Bulukumba di Sulsel dan Sumenep di Madura yang secara terang-terangan mengumumkan pelaksanaan Syari'at dalam peraturan daerahnya. Juga ada perda 'syari'ah' di kota Tangerang dan di kota-kota lainnya. Inilah usaha-usaha kecil setelah gagal pada tingkat Nasional. Tapi sayang, jumlah daerah yang menyatakan kesiapannya menjalankan syari'at itu masih terlalu sedikit di banding yang lainnya. Padahal puluhan kabupaten/kota yang pilkadanya dimenangkan partai Islam, baik sebagai orang nomor 1 atau nomor 2. Tetapi mereka tidak mengangkat isu syariat sebagai agenda mereka. Entah apa sebabnya, wallahu a'lam. 

Mungkin karena pragmatisme tadi, menganggap isu syariat tidak populer lagi. Kegagalan itu disebabkan karena ketidakseriusan parpol Islam dalam berjuang dan lebih memikirkan kepentingan sempit partainya. Artinya dunia lebih mendapat tempat di hati mereka ketimbang idealisme perjuangan. Masyumi dulu mengedepankan idealisme itu daripada pertimbangan politik pragmatis. Itulah yang disebut dengan 'politik Islam'. Sekarang Aceh seharusnya menjadi pilot project bagi perjuangan syari'at. Alangkah indahnya jika seluruh kalangan all-out membenahi penerapan syari'at di Aceh, agar menjadi pemikat bagi daerah lain, mulai dari perangkat hukumnya, sampai menjaga image positif terhadap syari'at. Bahkan tidak hanya parpol, juga ormas Islampun harus ikut bertanggung jawab terhadap pelaksanaan syariat di Aceh. Namun dalam kenyataan, pelaksanaan syari'at di Aceh seperti kurang mendapat dukungan dari parpol Islam sendiri. Parpol sibuk dengan agendanya sendiri seperti pilkada yang menelan energi dan dana, persiapan 2009. Hal itu terjadi di tengah upaya keras sejumlah LSM menggagalkan syariat di Aceh. Media di Aceh menggambarkan syariat di Aceh dengan image yang buruk. Berita-berita miring tentang pelaksanaan syariat dibesar-besarkan. Yang positifnya dipeti-eskan. Masyarakat Aceh haruslah bangkit melawan upaya pihak-pihak yang ingin merongrong syariat di Aceh, apalagi setelah peristiwa Tsunami, di mana cengkeraman asing tampak semakin kuat di Aceh. Dan mereka ini jelas berada di belakang upaya penggagalan pelaksanaan syariat di Aceh. Prilaku orang di jalan-jalan di kota Banda Aceh setelah Tsunami sudah jauh berubah dari waktu sebelum masuknya LSM-LSM asing. Akan kah syariat di Aceh bertahan setelah perubahan kepemimpinan atau malah akan terancam? Hari-hari ke depanlah yang akan menjawabnya. 

Sumber : http://www.daudrasyid.com/
6/03/2011 11:16:00 AM | 0 komentar | Read More

Halah..... Terbentuk Partai Baru Bernama : PeGO*

Written By Unknown on Thursday, June 2, 2011 | 6/02/2011 01:05:00 AM

*PeGO = Parte Gegar Otak, Parte yang sedang menuju operasi otak kedewasaan.

'Cerita ini hanya Sebuah fiksi gak ilmiah, 
di karang secara kilat oleh seorang muslim goblok,
Berupa kumpulan kentut aneka rasa,
Yang didaur ulang dengan imajinasi tingkat tinggi,
Demi secuil asa agar kita lebih dewasa ......
......menjalani peran sebagai seorang hambaNYA'

PeGO SEKARANG, MIRIP KW9 ? MASA SIH ?!



Begitulah.... akibat kebablasan memanfaatkan kemulusan jalan demokrasi yang aduhai, semlohai bin menggoda, akhirnya parte satu ini terjatuh dan tercemplung di kubangan rupiah yang tiba2 mak bedunduk nongol di ujung jidat. (Bayangin sob, nglihat tuh duit harus nglirik2 ke atas. Lucu deh... praktekin aza coba ! )
Awalnya sih kalem dan idealis buanget. Ta-pii... karena fitrah umur yang masih bau kencur alias ABG.... parte kakaknya gurem ini, kena hipnotis bisikan tetangga parte yang lumayan nakal. Akhirnya si ABG ikut-ikutan deh bermain lumpur. "Asiik" kata si ABG. Dan temen nakal itu tersenyum puas sambil membatin :"Kena deh lu...ha...ha...haa..."

Akibat miris dan ngilu merasakan fakta ini, saya jadi teringat sepuluhan tahun yang lalu dan MERASA perlu membeberkan pola dan sepak terjangnya....(Apalagi baru-baru ini beritanya menjadi headline hampir semua sumber berita. Ialah : KW9-Komandemen Wilayah 9). 
Eh sob.. tau dong KW9 (sssttt bukan RW 9 ya.... Itu sih RW tempat saya tau) alias NII gadungan, kelompok boneka yang sesat bin menyesatkan itu lho...............Konon menurut imajinasi tingkat tinggi kolaborasi kedua belah otak kanan dan kiri saya (he..he... belajar_narsis.com) kelompok KW9 ini adalah bikinan intelijen global semesta raya besan dari yahudi laknatulloh. Iya sob... ini sudah mainan intelijen global, bukan cuma intelijen lokal. Kalau yang ini sih cuma ecek-ecek, mengkloning keculasan si Yahud dan barangkali ikut memanen berkah. Tujuannya ya tentu buat bikin umat Islam nan besar ini bunuh-bunuhan sesamanya. (Ngeri kan....?? untung cuma imajinasi !!)


Tapi coba deh pikir pake otak (jangan pake dengkul ya) ...... Secara takdirnya kaum YAHUDI memang kesohor mempunyai kecerdasan tingkat tinggi sekaligus dioplos dengan kelicikan super power beraroma menghalalkan segala cara. Masih ingat kan dengan peristiwa NAEN WAN WAN (911) ? Berkat kecanggihan pembajak kelas mbahnya kakap,yang menurut bisikan imajinasi saya lagi, mereka... para "mujahid" itu.... sengaja disiapkan sebagai martir JUSTRU oleh intelijen AMRIK yang sudah dikendalikan oleh si jenius yahudiwan wa yahudiwati.Tentunya tanpa mereka sadari sama sekali. RUMIT kan ???
Faktanya, di hari H gedung kembar lambang kecongkakan itu remuk bagaikan kerupuk yang diremas-remas.... semua manusia berlogo yahudi gak kelihatan batang hidungnya di area itu alias absen. Kok bisa sih?
Ya bisalah, YAHUDI.... emang elu yang ampe detik ini gak paham juga maksud gue. he...he.... kali ini becandanya kelewatan ya....Maap. Maksud konteks kalimat tadi adalah yahudi itu disamping CERDAS namun juga CULAS. Segala cara bisa mereka halalkan asal tujuan mereka tercapai. TITIK.
Dan... bersamaan berantakannya tuh gedung, 3000-an warga AMRIK yang telah dikadali Yahudi, MAM-PUS! Demi apa sodara-sodara ??? Demi pencapaian tujuan yang lebih besar bahkan TOP URGENT dalam agenda mereka. Dan benar kan..... Belakangan, IRAK diacak-acak. AFGHANISTAN di bumi hanguskan. PALESTINA dikarantina. Heemmm sedih sob.... sueediih buanget. Suwer deh...
Jadi sob.... sepertinya orang-orang Amrik itu perlu dikasihani deh..... Alasannya mereka itu cuma dijadiin wayang alias boneka oleh segelintir bangsa yahudi yang dengan cerdasnya memerankan diri sebagai dalang ! Gimana menurut ente ??

Maka dengan mengorbankan HANYA 3000-an nyawa (tak berdosa ada,yang berdosa sedikit ada, yang dosanya lumayan berat mungkin juga ada) BERBUAH terbukanya jalan untuk membunuhi berlipat ganda kaum MUSLIM sedunia !
Jadi, waspadalah....waspadalah........

Nah... sekarang balik maning nang Indonesya. Kembali membahas gosip murah sedikit mahal (relatif sih), kita coba korek kemiripan si PeGO dengan KW9. Lagi-lagi ini cuma fiksi gak ilmiah karya saya. Jadi anggap aja lucu-lucuan gimaannnaaaa gitu....

Di pihak penebar gosip, mereka membeberkan fakta perpolitikan terkini yang sahih dan kasat mata. Menyerang tanpa ampun, menjambak,meninju,menendang dan menusuk sampe ke jantung dan ulu hati. "Pokoknya si PeGO ini harus dikotakkan, ditinggal, diinjak-injak dan dicampakkan ke lubang jahannam" begitu kira-kira tekad bulat mereka.


Dan di pihak para pembela sejati (yang oleh penebar gosip dijuluki MUQOLIDUN) mereka membela membabi buta di tengah malam tanggal 30 tahun hijriah.... "Mereka itu kutu kupret,ranting kering,barisan sakit hati, bla..bla...blaa...."teriak mereka tak kalah sengit (kira-kiranya begitu...)

Nah.... melihat fakta politik akhir-akhir ini mau tidak mau,suka tidak suka, dengan penyesalan mendalam harus saya katakan penebar gosip itu ADA benarnya. HAAAAAA......betulkah ??! (awas mingkem, jangan melongo gitu dong.... he... he... )

"Kok tau seh??" Kalian pasti tanya gitu kan? Hayo ngaku aja....
Ya iyalah...hampir empat taon pren sekitar sepuluh taon yang lalu seperti sudah saya singgung di muka, saya "berjihad" bersama barisan mereka (KW9). Membela agama Tuhan dengan gagah perwira. Rela berkorban harta,tenaga dan bahkan nyawa. (bentar ya... menerawang dan terharu. Hiks....). Uang gaji saya diporotin dengan suka rela dan senang gembira sampe segundul-gundulnya oleh mereka (heeemmm dulu banget jaman masih ABG dengan gelora semangat belajar begitu membara namun dengan penguasaan ilmu agama yang ceteknya minta ampun, alias GUUOOBLOOK dan TOLOOL! Ggggrrrr!!!)

Mengenai gosip yang berulang kali saya singgung tadi, silakan cari sendiri ato tanyakan saja sama mbah GOOGLE.(Mungkin gak bakalan nemu bro, masalahnya parte PeGO itu hanya fiksi aza, gak usah dibawa serius ya).

"Tapi elo tadi membenarkan bahwa mereka ada kemiripan, kok sekarang bilang cuma fiksi doang. Gak konsisten !!" Nah lho... ada juga dari kalian yang kritis bertanya begitu kan.....
Gue sih gak ambil pusing. Dan mo tahu jawaban gue ? Begini "Sabar bro.... namanya juga pemimpi amatir. Doain aza, semoga besok-besok kalo sedang berimajinasi lagi bisa bermutu ya... Amiin.

Soalnya lagi ini saya udah ngantuk beraat, dan kayaknya gak penting buat dibahas lebih lanjut. Entah nanti mau dilanjuti ato enggak ceritanya, suka-suka saya. Kalo dirasa perlu plus mood nulis lagi nongol ya diterusin.
Good Night,
Salam Sukses Sejahtera,
Menuju Indonesia Digdaya 2050.

ROHSNA LA 'AFIYS
Kapal Nuh, 02 JUNI 2011
01:01 WIB
6/02/2011 01:05:00 AM | 0 komentar | Read More

“ KEMAUAN DAN KEYAKINAN “

Written By Unknown on Wednesday, June 1, 2011 | 6/01/2011 10:41:00 PM


Bersyukurlah kalian atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kalian . Karena tidak setiap orang dapat merasakan nikmat memiliki kelengkapan tubuh seperti kalian . Namun ingatlah , besok , lusa atau satu detik dari sekarang Allah SWT dapat mencabut salah satu nikmat itu . Oleh karena itu , gunakanlah nikmat tersebut untuk hal – hal yang bermanfaat , tentunya untuk kebaikan terhadap sesama . Tapi , janganlah kalian berputus asa atas apa yang telah di berikan Allah SWT kepada kalian , karena yang pasti Allah maha tahu apa yang terbaik untuk kita .

Pada cerita kali ini saya terinspirasi dari saudara kita yang kurang beruntung , namun saya sangat kagum kepada mereka . Karena belum tentu kita yang sempurna ini dapat melakukan hal seperti apa yang mereka lakukan . Cobalah renungi sejenak , apabila satu hari saja kedua mata kita ini ditutup , begitu banyak hal yang mudah dilakukan akan terasa sangat sulit . Contohnya , Bagaimana kita bisa membaca jika kita tidak melihat tulisan ? Bagaimana kita bisa berjalan ke suatu tempat jika kita tidak bisa melihat jalan ? Dan masih banyak bagaimana – bagaimana lainnya jika saya jabarkan satu persatu yang biasa mudah kita lakukan akan terasa sulit . Dan cobalah renungkan sekali lagi , Jika kita tidak dapat melihat seumur hidup kita , apa yang akan kita lakukan ? Kebanyakan orang yang mengalami ini akan putus asa dan mengambil jalan pintas saja seperti bunuh diri . Naudzubillahiminzalik .

Namun saya sungguh kagum kepada saudara – saudara kita yang sejak lahir tidak dapat melihat indahnya dunia ini . Berbeda dengan kita , Kita yang di anugerahi kesempurnaan oleh Allah SWT , bisa melihat dan merasakan indahnya dunia ini . Kita bisa melihat Matahari , Bulan , Pantai , Danau , Gunung , Pohon – pohon yang menjulang tinggi , wajah yang tampan , wajah yang cantik , dan banyak sekali ciptaan – ciptaan Allah SWT yang takkan pernah habis jika kita berfikir . Tapi sangat disayangkan , nikmat yang Allah berikan kepada kita terkadang lebih banyak dilakukan untuk hal – hal yang tidak bermanfaat dan menjurus kemaksiatan . Namun disinilah Allah SWT memberikan nilai positif kepada saudara kita itu . Allah SWT tidak ingin jika orang – orang tersebut melihat hal – hal yang tidak bermanfaat dan akan di siksa di hari akhir nanti . Namun bukan hal itu yang akan saya sampaikan pada cerita saya kali ini .

Saudara kita itu sudah terbiasa berjalan ke suatu tempat tanpa harus tersesat dan dapat pulang kembali kerumahnya walaupun ia tidak melihat . Padahal banyak sekali hal – hal yang akan menghalanginya untuk dapat sampai ketempat tujuan . Seperti , jatuh ke suatu lubang , tersandung batu , membentur tembok , menabrak pagar , bahkan hal yang dapat mencelakan dirinya . Namun semua itu tidak menjadi halangan baginya . Mengapa demikian ? Kita bisa mengambil nilai positif dari cerita diatas .

Dalam hidup ini , kita selalu ditakutkan oleh sesuatu yang belum terjadi . Kita bisa mengibaratkan mimpi kita adalah tempat yang di tuju saudara kita . Dan rintangan yang akan menghalangi saudara kita untuk sampai ketempat tujuaannya adalah tantangan untuk mewujudkan mimpi kita . Kemauan untuk mewujudkan mimpi kita belum cukup jika tidak adanya keyakinan dalam mengarunginya . Adanya kemauan dari dalam diri adalah modal utama untuk mewujudkan mimpi kita . Kemauan dari dalam diri akan terwujud jika kita benar – benar menjalani dan merencanakannya dengan matang . Sehingga kita bisa dengan mudah mewujudkan mimpi kita . Sedangkan keyakinan adalah motivasi dari dalam diri kita bahwa kita akan menggapai mimpi kita .
Walaupun banyak sekali rintangan untuk mendapatkannya . Layaknya saudara kita tadi saat berjalan menuju suatu tempat , ia bisa saja tersesat , jatuh , bahkan mencelakakan dirinya . Namun walaupun begitu ia tetap yakin dan tegar , bahwa ia pasti dapat mencapai tempat tersebut .

Begitu pula hidup ini , walaupun gagal ada di depan mata kita . Dengan keyakinan kita bisa meraih mimpi kita . Yakinlah Allah selalu bersama kita , Sehingga tidak ada rasa takut dalam diri kita . Yakinlah bahwa Allah akan menolong kita , dan akan mengulurkan tangan-Nya jika kita terjatuh .
Walaupun kita gagal menggapainya , ingatlah bahwa kita hanya terjatuh . Kita bisa bangkit kembali dan terus berjalan menuju mimpi kita.

Sumber : http://www.resensi.net/
6/01/2011 10:41:00 PM | 0 komentar | Read More